Kamis 30 Mar 2023 17:45 WIB

Tips Agar Anak Siap Memasuki Sekolah Dasar

Jangan lupa menikmati setiap proses dengan anak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu membacakan buku cerita kepada anaknya yang masih usia prasekolah. (Ilustrasi).  Tanamkan dan biasakan anak untuk menyukai literasi dengan mengondisikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini penting untuk membuat anak kelak siap masuk sekolah dasar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu membacakan buku cerita kepada anaknya yang masih usia prasekolah. (Ilustrasi). Tanamkan dan biasakan anak untuk menyukai literasi dengan mengondisikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini penting untuk membuat anak kelak siap masuk sekolah dasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemampaun baca tulis hitung (calistung) tidak lagi menjadi syarat anak masuk sekolah dasar (SD). Lalu apa sih yang harus disiapkan orang tua agar anaknya mampu mengikuti pelajaran SD?

Adi D Adinugroho-Horstman Ph.D, Spec.Ed selaku specialist dari Wellness Counseling & Education Center sekaligus dosen Pendidikan Inklusif, Politeknik Pendidikan Bentara Citra Bangsa, Jakarta membagikan beberapa tips agar anak siap masuk SD. Berikut penjelasannya:

Baca Juga

1. Tanamkan kesukaan belajar dan keterampilan belajar sejak dini dengan modeling langsung dari pendidikan di rumah. Jadikan proses belajar menjadi bagian dari nilai penting (value) di dalam keluarga. Contohnya seperti kebiasaan bertanya dengan kritis dan baik, diskusi mencari solusi permasalahan sehari hari, berfokus pada proses, dan lainnya.

2. Tanamkan dan biasakan anak untuk menyukai literasi dengan mengondisikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memiliki anak yang suka membaca, mau tidak mau orang tua dan lingkungannya harus memodelkan itu dan menjadikannya sebagai kebiasaan baik bagi anak.

3. Pastikan kemampuan berkomunikasi verbalnya baik. Memiliki satu bahasa ibu yang kuat dan perkembangan kosa kata yang dimilikinya luas dan baik. Ini faktor penting dalam persiapan kesiapan bersekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement