Selasa 28 Mar 2023 12:47 WIB

Tren Liburan di Momen Lebaran Tahun Ini Diprediksi Meningkat

Ditiadakannya PPKM membuat tren berlibur masyarakat meningkat.

Wisatawan berada di sebuah jembatan di Kawasan Wisata Trans Studio Bandung, Jawa Barat. Tren liburan pada masa libur Lebaran tahun ini diprediksi meningkat.
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi/foc.
Wisatawan berada di sebuah jembatan di Kawasan Wisata Trans Studio Bandung, Jawa Barat. Tren liburan pada masa libur Lebaran tahun ini diprediksi meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada momen libur Lebaran tahun ini data menunjukkan tren berlibur meningkat. Data yang dikumpulkan Traveloka melihat momen libur Lebaran kali ini tidak hanya akan dimanfaatkan untuk mudik.

Chief of Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34 persen pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan bersama keluarga terutama dalam menyambut libur Lebaran 2023. Sebanyak 48 persen pengguna menyatakan akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

Baca Juga

"Dengan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per 31 Desember 2022 lalu oleh pemerintah, kami melihat tren perjalanan baik domestik maupun internasional terus meningkat, terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti," ungkap Shirley, dalam siaran persnya, Selasa (28/3/2023).

Menurut riset internal Traveloka, jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur pada periode libur lebaran 2023 meningkat. Hal tersebut dilihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2 persen dibandingkan pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.

Traveloka juga mencatat berbagai destinasi yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta untuk destinasi domestik. Sementara itu, pengguna Traveloka juga menyebutkan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang diminati untuk destinasi internasional.

Traveloka melihat pula moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat. Ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus dan shuttle, serta mobil pribadi meningkat peminatnya.

Melihat tumbuhnya tren untuk melakukan perjalanan di periode libur Lebaran ini, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi maupun akomodasi serta atraksi hiburan. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.

Rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay yang telah diluncurkan sejak 7 Maret 2023. Program promosi spesial menyambut bulan Ramadhan ini dimulai dengan tawaran beragam diskon.

"Kami memahami bahwa konsumen memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam. Menyambut libur Lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, namun juga kesiapan dalam menghadapi lonjakan traffic pengguna," ujar Shirley.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement