Senin 27 Mar 2023 16:19 WIB

Mau Minta Penumpang Lain Tukar Kursi di Pesawat? Psikolog Ingatkan Ibu Pertimbangkan Ini

Warganet berdebat soal memberi kursi dekat jendela pesawat pada ibu yang bawa anak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak-anak travel writer Olenka Priyadarsani saat bepergian menggunakan pesawat. Menurut psikolog, seorang ibu diharapkan sudah menyiapkan situasi yang akan dihadapi buah hati saat di pesawat, termasuk posisi duduknya.
Foto:

Selain itu, bisa juga dibahas dengan anak, hal-hal yang bisa membuatnya nyaman tanpa bertukar tempat duduk. Sampaikan beberapa pilihan yang bisa dilakukan tanpa bertukar kursi.

"Boleh-boleh saja bilang lain kali jika naik pesawat lagi, akan dipesankan window seat," ungkap Ira.

Sebagai orang tua, ayah dan ibu tentu ingin memberikan pengalaman terbaik untuk buah hatinya. Di sisi lain, orang tua juga perlu memastikan keinginan itu tidak mengganggu orang lain dan tidak melanggar norma atau batasan yang telah ditetapkan.

"Memberikan pengalaman terbaik bagi anak tentu jadi misi semua orangtua, tapi tentu kita juga tidak mau anak terbiasa mendapatkan apa yg diinginkan tanpa memandang ada kepentingan lain atau aturan yang dilanggar," jelas Vera.

Akhir pekan lalu, warganet riuh mengomentari unggahan di Twitter yang membahas seorang penumpang pesawat menolak memberikan kursinya yang berada di dekat jendela kepada ibu yang membawa anak. Menurut penumpang itu, ibu tersebut harus mengajari anaknya bahwa tidak semua hal bisa didapatkannya dan dunia tidak akan mengalah pada sang anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement