Senin 17 Apr 2023 12:13 WIB

Mudik yang Nyaman Buat Anak Butuh Persiapan, Ini yang Harus Moms Perhatikan

Pastikan seluruh kebutuhan anak terpenuhi selama perjalanan mudik.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Mudik bersama anak (Ilustrasi). Pastikan kebutuhan anak tercukupi selama perjalanan mudik.
Foto: Republika/Prayogi
Mudik bersama anak (Ilustrasi). Pastikan kebutuhan anak tercukupi selama perjalanan mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mudik bersama anak menjadi momen yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Namun, bagi orang tua yang baru pertama kali berpergian jauh dengan anak, terlebih anaknya masih bayi, mungkin kesulitan mempersiapkannya.

Ibu dan pendiri SuperBottoms Pallavi Utagi dari India mengatakan para ibu bisa menaklukkan rasa takut berpergian dengan anaknya menggunakan beberapa tip dan trik.

Baca Juga

"Beberapa tip perlu dilakukan, seperti mengemas perlengkapan yang tepat hingga memastikan si kecil nyaman selama perjalanan, semua dijamin antirepot dengan sedikit perencanaan dan persiapan," kata Utagi.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk persiapan travelling bersama anak, dilansir Indian Express, Ahad (26/3/2023):

 

1. Kemasi barang-barang penting

Pertama dan terpenting, bawa semua barang perawatan bayi seperti popok, lap, sepasang pakaian ekstra, dan pelembap atau krim ruam. Namun, Anda juga perlu menjaga agar bagasi mudah diatur dan ringan dengan tidak berlebihan.

Menggunakan popok kain adalah ide yang lebih baik daripada memilih popok plastik karena memberikan kenyamanan dan bertahan lebih dari 10-12 jam, pilihan ideal untuk perjalanan jauh. Popok jenis ini juga lebih cocok untuk bayi yang mengompol. Pertimbangkan untuk membawa gendongan bayi sehingga Anda tidak perlu membawa tas berat sambil mengendong bayi dengan tangan Anda.

2. Rencanakan kenyamanan

Bawalah beberapa mainan dan selimut favorit bayi agar mereka nyaman. Jika Anda memilih mudik dengan pesawat, pesan satu yang memiliki opsi keranjang bayi. Jika Anda melakukan perjalanan darat, pastikan sering istirahat untuk memberi makan dan mengganti popok.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement