Senin 27 Mar 2023 04:00 WIB

Kenapa Irish Coffee Haram?

Irish coffee termasuk minuman kopi yang tidak halal bagi Muslim.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Marcin Michalik dari Polandia membuat Irish coffee di World Cup Barista di Kopenhagen, Denmark, 19 Juni 2008. Irish coffee alias kopi Irlandia termasuk minuman yang tidak halal.
Foto:

Menurut legenda, namanya Irish coffee diberikan menyusul percakapan antara pelanggan dan Sheridan. Pelanggan penasaran dengan minuman yang disajikan Sheridan.

"Itu pasti kopi Brasil, kan?" tanya pelanggan.

"Bukan, ini kopi Irlandia." kata Joe Sheridan dengan senyum bangga di wajahnya.

Setelah malam itu, kopi Irlandia menjadi menu pokok di kafe dan popularitasnya meningkat pesat. Setelah PD II, Irish coffee diperkenalkan ke AS oleh seorang penulis bernama Stanton Delaplane dan menjadi salah satu minuman reguler yang disajikan di bandara.

Sederhananya, kopi Irlandia adalah minuman yang sekarang dianggap sebagai warisan nasional karena popularitasnya meroket dalam beberapa tahun terakhir. Pada dasarnya, minuman ini adalah koktail yang terdiri dari empat bahan, yaitu kopi, wiski Irlandia, krim, dan gula.

Minuman ini memadukan kelembutan wiski Irlandia dengan rasa kopi hitam yang kuat dan kaya. Jadi, jika ditanya apakah minuman ini halal? Tentu tidak. Sebab, kopi Irlandia mengandung wiski dan itu haram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement