Jumat 03 Mar 2023 07:57 WIB

Tak Semua Kopi Halal, Salah Satunya Espresso Negroni

Konsumen Muslim perlu tahu, tidak semua minuman kopi itu halal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Espresso negroni merupakan campuran antara kopi espresso dan negroni atau gin.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Espresso negroni merupakan campuran antara kopi espresso dan negroni atau gin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kopi telah menjadi minuman harian masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia. Kopi instan maupun kopi segar pun memiliki penggemarnya masing-masing.

Orang juga termudahkan dengan pertumbuhan kedai kopi yang kian menjamur. Namun, untuk konsumen Muslim, hal yang perlu menjadi kewaspadaan adalah tidak semua kopi itu halal.

Baca Juga

Kendati kopi berasal dari nabati, namun proses pembuatan atau bahan yang menjadi campurannya bisa membuatnya jadi tidak halal. Sebut saja espresso negroni. Espresso negroni merupakan campuran antara kopi espresso dan negroni atau gin.

Gin adalah sejenis minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi serealia (jelai, gandum, haver) yang diberi aroma buah (runjung) pohon juniper, dan melalui proses distilasi. Espresso negroni cukup jamak tersedia di kafe-kafe di DKI Jakarta dan destinasi wisata berskala internasional, seperti Bali.

 

Karena itulah, pertimbangan mencari gerai yang bersertifikat halal atau setidaknya ramah Muslim perlu menjadi prioritas. Menurut laman Sansdrinks,

dikutip Kamis (2/3/2023), negroni secara tradisional terbuat dari satu bagian gin, vermouth rosso, dan aperitif.

Resep ini awalnya berasal dari sebuah kafe di Florence, setelah seorang jenderal Prancis, Pascal Olivier Count de Negroni, meminta bartender untuk membuat kopi menjadi sesuatu yang lebih kuat dari Americano. Jadilah ditambahkan gin sebagai pengganti air soda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement