Senin 27 Mar 2023 03:40 WIB

Mengapa Sejumlah Maskapai tak Pakai Nomor 4, 13, 14, dan 17 untuk Kursi Pesawatnya?

Beberapa nomor kursi tersebut memang dirancang untuk tidak ada oleh maskapai.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kartu keselamatan terletak di kantong kursi penumpang pesawat. Sebagian maskapai penerbangan melewatkan nomor tertentu untuk kursi pesawatnya.
Foto:

Menurut situs Lufthansa, dalam beberapa budaya, angka 13 dianggap sial. Oleh karena itu, tidak ada baris 13 di pesawat karena pihaknya menghormati takhayul. Dengan begitu, tidak ada orang yang menganggap nomor 13 sial harus duduk di baris itu.

"Di beberapa negara, misalnya Italia dan Brasil, angka sial yang khas adalah 17 dan bukan 13. Melihat Lufthansa menyambut banyak penumpang internasional, kami mencoba mempertimbangkan sebanyak mungkin kepercayaan budaya khusus ini," kata Lufthansa, dilansir The Sun, Ahad (26/3/2023).

Maskapai penerbangan Cina menghapus baris nomor empat di pesawat mereka karena untuk empat mirip dengan kata "kematian" yang diucapkan dengan nada yang berbeda. Selain baris duduk, bangunan di Cina juga sering melongkap nomor empat, dari lantai tiga langsung ke lantai lima.

Nomor 14 juga dihapus dari beberapa maskapai Cina karena alasan yang sama. Dalam bahasa Mandarin, kata 14 mirip dengan cara Anda mengatakan "sudah mati". Bukan hanya maskapai penerbangan yang menghindari nomor 13, beberapa hotel dan kapal pesiar juga tidak memiliki dek atau lantai 13.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement