Sabtu 25 Mar 2023 19:30 WIB

Mau Tampilkan Citra Diri Positif? Jangan Lakukan Tiga Hal Ini

Jangan pamer, pura-pura (bohong), dan playing victim.

Bersikaplah jujur (ilustrasi). Guna membangun citra diri positif, hindari tiga hal, salah satunya berbohong.
Foto: www.freepik.com
Bersikaplah jujur (ilustrasi). Guna membangun citra diri positif, hindari tiga hal, salah satunya berbohong.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam dunia kerja, terutama mereka yang berkaitan dengan pelayanan umum atau para selebritas dan figur publik, reputasi baik amatlah penting. Anda yang memiliki citra positif akan dihampiri banyak keberuntungan dan tawaran kesempatan, begitupun sebaliknya.

Tentu masih segar di ingatan, bagaimana selebritas yang terlibat kasus KDRT langsung masuk daftar hitam dan diputus kontrak dalam berbagai proyek. Sedangkan pejabat yang memiliki harta tak wajar dan pamer kemewahan, dia menjemput petaka, diusut KPK, dan kehilangan jabatan.

Baca Juga

Wosiolog Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Wahyu Budi Nugroho, menyampaikan, agar citra diri tidak bersifat kamuflase dan kesan sesaat, seseorang perlu membangun pribadi yang baik agar terpancar inner beauty, bukan sekadar polesan riasan. Membangun pribadi baik adalah bicara software individu, bukan laku visual yang dapat dibuat-buat.

Ada tiga pantangan membangun citra diri:

1. Pamer. Memamerkan harta benda demi memperoleh pengakuan, memamerkan sensualitas tubuh dan mempertontonkan kemesraan di ruang publik untuk memuaskan hasrat narsistik.

2. Pura-pura (bohong). Berperilaku seolah-olah, bukan yang sebenarnya dan sesuai kehendaknya, demi tujuan menutupi hal tertentu dan menampilkan kesan yang diinginkan.

3. Drama. Memanfaatkan kelemahan untuk bermain peran sebagai korban atau playing victim.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement