Jumat 24 Mar 2023 03:15 WIB

Dokter Kemukakan Enam Tips Jaga Kesehatan Gigi Selama Ramadhan

Ramadhan momen tepat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Gigi berlubang (ilustrasi). Kasus gigi berlubang di Indonesia tergolong tinggi.
Foto: ww.freepik.com
Gigi berlubang (ilustrasi). Kasus gigi berlubang di Indonesia tergolong tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Gigi Spesialis Periodonsia drg Mutia Rochmawati, Sp.Perio mengemukakan enam cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan suci Ramadhan guna mendukung kelancaran ibadah puasa.

"Pertama, tetap menyikat gigi dua kali sehari, dan waktu menyikat gigi yang benar adalah setelah makan sahur dan sebelum tidur malam," kata Mutia Rochmawati dihubungi dari Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga

Dokter yang praktik di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) itu menambahkan, cara kedua adalah menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus, agar tidak melukai gusi.

Ketiga, penggunaan dental floss atau sikat gigi interdental dapat diaplikasikan pada bagian sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau bulu sikat.

 

"Keempat, yang juga tidak kalah penting adalah perlunya menggunakan pasta gigi berfluoride untuk mendukung proses remineralisasi pada gigi," katanya.

Kelima, penggunaan tongue scaper atau alat pembersih lidah dapat diaplikasikan agar lidah menjadi bersih sehingga mencegah bau mulut.

"Keenam, jika masyarakat ingin menggunakan obat kumur, maka pilihlah obat kumur yang non-alkohol agar tidak mengiritasi mukosa rongga mulut," katanya.

Dia mengatakan, masyarakat perlu memberikan perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat dan terjaga dengan baik.

"Kondisi gigi dan mulut yang bermasalah akan mengganggu kegiatan beribadah selama bulan suci Ramadhan dan aktivitas lainnya," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental.

Asisten Deputi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK Nia Reviani mengatakan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam. Nia Reviani menambahkan, salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

"PHBS adalah perilaku yang dilakukan individu atau kelompok untuk meningkatkan derajat kesehatannya, sehingga dapat mewujudkan produktivitas dan kualitas hidup yang lebih baik," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement