Rabu 22 Mar 2023 11:46 WIB

5 Destinasi Kuliner Halal yang Bisa Dijajal di Bali

Berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner setempat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menu sate lilit bisa menjadi pilihan untuk kuliner halal saat berwisata ke Bali/ilustrasi.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Menu sate lilit bisa menjadi pilihan untuk kuliner halal saat berwisata ke Bali/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner setempat. Namun, perlu lebih cermat karena mayoritas warga Bali beragama Hindu. Tentunya, banyak rumah makan yang menyajikan hidangan nonhalal. Bagi Muslim yang ingin menyantap makanan halal di Bali, berikut lima rekomendasinya.

1. Nasi Pecel Bu Tinuk

Baca Juga

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Raya Kuta, Bali, ini sudah dipastikan halal. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pecel, tapi juga bisa memilih berbagai menu sesuai selera. Pasalnya, Nasi Pecel Bu Tinuk juga menyediakan rawon, ayam betutu, sop buntut, ayam kalasan, serta aneka lauk dan sayur.

 

2. Warung Gonde Cik Siwi

Warung Gonde Cik Siwi sudah berdiri sejak 1965. Beberapa cabangnya yakni di Jalan Setia Budi, Denpasar, serta di Jalan Letda Tantular di Denpasar. Salah satu menu andalannya yakni paket yang terdiri dari nasi putih, sayur gonde, sisit sapi, sate lilit, udang, dan hati sapi.

 

3. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu yang pedas, gurih, dengan rasa rempah-rempah yang meresap tentu memanjakan lidah. Muslim bisa menikmati hidangan lezat nan halal ini di rumah makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Cabangnya tersebar cukup banyak di Bali sehingga mudah ditemukan saat liburan.

 

4. Warung Nasi Ayam Ibu Oki

Hidangan di kedai nasi ini bermacam-macam dan memuaskan selera para pemburu kuliner halal. Sebut saja ayam sisit, ayam betutu, ayam suir, sate lilit ikan, tipat kuah, dan masih banyak lagu. Warung Nasi Ayam Bu Oki hadir di Nusa Dua, Sanur, Jimbaran, Tuban Kuta, dan Unggasan.

 

5. Warung Surya

Terletak di Jalan Mahendradata, Denpasar, Warung Surya bisa menjadi salah satu opsi kulineran halal. Menu favorit yang bisa dicoba di warung ini termasuk sate paru, tuna bumbu bongkot, sate lilit, sayur kotokan tahu tempe, juga berbagai nasi, sayur, dan lauk lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement