Selasa 21 Mar 2023 04:00 WIB

Menghidupkan Kembali Orang yang Telah Dinyatakan Meninggal Secara Klinis, Begini Caranya

Kematian klinis ditandai dengan jantung berhenti berdetak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien Covid-19 dirawat di ICU (Ilustrasi). Ketika mengalami kematian klinis, pasien kemungkinan masih dapat disadarkan dengan teknik khusus.
Foto:

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan orang terus mengalami kesadaran hingga tiga menit setelah kematian. Dr Palace mengatakan memasukan seseorang ke dalam lingkungan yang membeku dapat menunda kematian biologis.

"Semakin dingin tubuh, semakin lambat laju metabolisme, jadi Anda menggunakan oksigen lebih lambat dan kesempatan untuk bertindak itu mungkin lebih lama," ujar Dr Palace.

Artinya, dengan mendinginkan orang tersebut, ada lebih banyak waktu bagi dokter untuk mencoba segala cara untuk menghidupkannya kembali. Ini tentu bukan pertama kalinya dokter dan pasien berbagi cerita tentang hal-hal yang mereka pelajari melalui pengalaman mendekati kematian (NDE).

Seorang dokter yang mempelajari near death experience bahkan pernah mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi ketika orang sekarat. Dia juga bagaimana perasaan mereka saat mengalaminya.

Selanjutnya, seorang ahli bedah saraf membagikan kisah ramainya setelah dia mengaku mengalami kehidupan setelah kematian selama tujuh hari koma. Kehidupan setelah kematian telah menjadi topik penelitian ilmuwan selama bertahun-tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement