Sabtu 18 Mar 2023 04:00 WIB

Selain tidak Haid, Enam Tanda tak Terduga Ini Menjadi Ciri-Ciri Kehamilan

Ada sejumlah ciri yang dapat menunjukkan kehamilan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Ada sejumlah ciri yang bisa dirasakan perempuan ketika hamil.
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Ada sejumlah ciri yang bisa dirasakan perempuan ketika hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tes kehamilan memang cara terbaik untuk mengetahui kehamilan. Sebelum menjalani tes, ada tanda-tanda awal yang dapat dicermati sebagai pertanda kehamilan.

Biasanya, perempuan menikah langsung mengaitkan tidak datang bulan dengan kemungkinan mengandung. Demikian juga ketika payudaranya menjadi lembut, dan selalu ingin buang air kecil.

Baca Juga

Dilansir Huffington Post, Jumat (17/3/2023), penulis The Modern Midwife’s Guide, Marie Louise mengungkapkan kehamilan menyebabkan segala macam perubahan tubuh. Berikut ciri-ciri kehamilan yang dapat dirasakan calon ibu:

Rasa aneh di mulut

Salah satu yang jarang dibicarakan adalah perubahan rasa atau dysgeusia. Anda mungkin memiliki rasa logam di mulut atau makanan yang pernah Anda sukai tiba-tiba terasa sangat tidak enak.

Contohnya, tidak merasa minum kopi pada pagi adalah hal sangat umum. Louise menceritakan ada seorang wanita yang mengatakan padanya bahwa dia sangat menyukai kopi dan telah minum empat cangkir sehari selama 15 tahun.

"Suatu pagi dia bangun dan benar-benar tidak menyukainy, dia tidak memiliki gejala kehamilan lain sehingga mengabaikannya sampai dia merasa akan jatuh sakit. Baru pada saat itulah dia menganggap dia mungkin benar-benar hamil," kata Louise.

Berkeringat di malam hari

Louise menuturkan banyak perempuan berkeringat di malam hari pada awal kehamilan dan itu bisa sangat membuat frustasi. Meski demikian, itu adalah hal yang sangat umum.

"Gejala ini juga sering diabaikan karena bukan gejala yang biasa dibicarakan," ujarnya.

Jika merasakannya, pastikan Anda minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Bercak darah

Terlambat haid adalah tanda kehamilan klasik, tetapi beberapa perempuan, sekitar 20 persen, mengalami pendarahan di awal kehamilan. Louise mengatakan meskipun semua pendarahan selama kehamilan perlu diselidiki atau didiskusikan dengan profesional kesehatan, itu sebenarnya sangat umum dan tidak selalu menunjukkan ada yang salah.

"Kadang-kadang, itu hanya pendarahan implantasi atau tidak pernah ada penyebab yang diketahui," kata Louise.

Mengidam sesuatu

Mengidam sesuatu biasanya dikaitkan dengan kehamilan trimester kedua dan ketiga. Tetapi banyak calon ibu melaporkan mengidam selama awal kehamilan, terutama untuk karbohidrat.

"Menurut calon ibu, roti panggang dan keripik mungkin adalah makanan paling umum yang mereka dambakan selama awal kehamilan atau sebelum mereka tahu bahwa mereka hamil," ujar Louise.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement