Jumat 17 Mar 2023 04:00 WIB

Risiko Diabetes Meningkat Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral Ini

Defisiensi vitamin dan mineral juga bisa turut meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin (ilustrasi). Defisiensi vitamin dan mineral tertentu bisa turut meningkatkan risiko diabetes tipe 2.
Foto:

Kiat Mencegah dan Mengelola Diabetes Tipe 2

Menjaga berat badan yang sehat, aktif bergerak, dan menerapkan pola makan yang sehat dapat membantu mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Upaya serupa juga bisa membantu pengidap diabetes untuk mengelola kadar gula darah mereka.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Terkait asupan makanan, salah satu yang sangat direkomendasikan adalah makanan tinggi serat. Selain bisa membantu penurunan berat badan, asupan serat juga bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah, memelihara kesehatan usus, serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Bagi pengidap diabetes, efek ini turut bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya komplikasi kardiovaskular. Meningkatkan asupan serat bisa membantu menurunkan risiko penyakit metabolik kardio dan kanker kolorektal, menurut Diabetes Society.

Diabetes Society menyebut makanan tinggi serat umumnya memberikan rasa kenyang yang lebih baik dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Kedua kriteria ini bisa membantu orang yang sehat dan penyandang diabetes dalam mengontrol nafsu makan dan menjaga kestabilan kadar gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement