Rabu 15 Mar 2023 04:32 WIB

Manfaat Mandi Air Hangat di Negara Tropis

Berendam air hangat setelah olahraga membantu merelaksasi otot.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah berolahraga sangat nyaman menggunakan air hangat, karena merilekskan tensi pada otot, (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Setelah berolahraga sangat nyaman menggunakan air hangat, karena merilekskan tensi pada otot, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah AC yang menjadi kebutuhan bagi banyak orang khususnya masyarakat urban, water heater alias pemanas air diprediksi juga akan mengikuti jejak tersebut. Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, mandi dengan air hangat bisa menjadi pilihan untuk kenyamanan tersendiri.

Ariston Indonesia menyebutkan sebuah survei dari Nielsen bahwa air hangat biasanya dibutuhkan oleh keluarga yang memiliki bayi serta bagi orang lanjut usia. Tetapi saat ini, orang dalam usia produktif banyak yang menikmati mandi dengan air hangat setelah beraktivitas seharian.

Baca Juga

“Dari kebutuhan mungkin tidak sebutuh mereka (bayi dan lansia), tapi kita butuh comfort. Biasanya setelah berolahraga sangat nyaman menggunakan air hangat, karena merilekskan tensi pada otot, lalu setelah beraktivitas sehari-hari,” ujar Marketing Director Ariston Indonesia, David Karlowee, dalam peluncuran New Aures Ariston di Alila SCBD, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Pakar kesehatan dr. M Berian Rachmanadi mengatakan bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu melancarkan peredaran darah.

"Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres," kata dr Berian.

Menurut laporan Seen in the City, berendam air hangat setelah olahraga membantu merelaksasi otot.

Usai aktivitas, saat mandi air panas maka tubuh mengalami sejumlah perubahan di antaranya sirkulasi darah, temperatur inti tubuh bahkan perubahan kecepatan metabolisme.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berendam air panas setelah berolahraga mampu meminimalkan risiko kerusakan jaringan elastis. Orang-orang yang menggunakan bak mandi air panas setelah berolahraga cenderung memiliki lebih sedikit tanda mioglobin dalam darah mereka. Mioglobin adalah jenis protein yang dilepaskan ke aliran darah setelah kerusakan otot.

Setelah berolahraga, otot perlu didinginkan secara perlahan dan menghindari peradangan. Bersantai di dengan mandi air panas dapat membantu. Ini mengembalikan detak jantung ke normal.

Ariston Indonesia menyediakan produk water heater untuk memudahkan mereka yang ingin mandi air hangat, tanpa perlu memasak air dulu. Seperti rangkaian New Aures Ariston yang menyuguhkan pembaruan teknologi, untuk adaptasi kebutuhan pasar yang terus berkembang dari masa ke masa.

Rangkaian New Aures ini akan secara langsung memanaskan air sesaat ketika keran air dibuka. teknologi Eco Function dan Constant Temperature membantu mengatur ketepatan suhu pada saat bersamaan dengan penyesuaian daya yang efisien.

Lalu teknologi Complete Safety mampu memberikan perlindungan dengan sistem keamanan menyeluruh, mencakup penguncian suhu hingga mendeteksi aliran listrik pada air. New Aures juga sudah diuji dari keamanan hingga efisiensi energi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement