Rabu 15 Mar 2023 03:17 WIB

Rumah Jadi Tempat Nyaman untuk Keluarga, Ini Syaratnya

Suasana rumah yang baik juga akan berpengaruh positif terhadap anggota keluarga.

Orang tua sangat berperan penting untuk membangun suasana aman dan nyaman di rumah, sehingga tercipta kebersamaan yang hangat di keluarga./ilustrasi
Foto: GNA Group
Orang tua sangat berperan penting untuk membangun suasana aman dan nyaman di rumah, sehingga tercipta kebersamaan yang hangat di keluarga./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Psikolog Alsi Mega Marsha Tengker yang merupakan bagian dari pengurus pusat Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengingatkan bahwa rumah harus menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

"Penting sekali agar merasa aman, merasa nyaman, betah di rumah, bareng sama anak-anak, itu akan jadi momen yang sangat berharga," kata wanita yang akrab disapa Caca Tengker itu saat bertemu media di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Caca mengatakan, orang tua sangat berperan penting untuk membangun suasana aman dan nyaman di rumah, sehingga tercipta kebersamaan yang hangat di keluarga. Selain itu, suasana rumah yang baik juga tentu akan berpengaruh positif terhadap psikologis seluruh anggota keluarga.

Hal yang dapat dilakukan, menurut Caca, adalah dengan memastikan bahwa setiap ruangan yang ada di rumah memiliki fungsi yang sesuai dengan kebutuhan.

"Kita cari tahu dulu apa yang dibutuhkan, kita penuhi itu dulu baru kita pikirkan ekstranya. Jangan kebalikannya, kiat pikiran estetikanya dulu tapi fungsinya enggak ada. Ketika semua kebutuhan sudah terpenuhi, yang lain jadi bonus," ujarnya.

Sebagai contoh, Caca bercerita bahwa rumahnya memiliki tiga kamar. Ketiga kamar itu ia fungsikan sebagai kamar tidur utama, kamar anak, dan ruang bermain.

"Rumah aku ini cuma ada tiga kamar. Aku enggak bagi rata jadi satu anak satu kamar, tapi aku memberikan fungsi satu kamar itu sebagai tempat bermain, karena buat aku, anak-anak lebih banyak bermain dan tidur sama aku. Jadi mereka butuh satu kamar aja," tutur Caca.

"Harapannya ya biar mereka tahu kebutuhan dan kesiapan mereka sendiri, bahwa kebutuhan dan kesiapan setiap orang itu beda, dan adil itu bukan berarti sama rata," katanya.

Selain itu, Caca mengatakan bahwa menata kembali isi rumah agar lebih rapi juga dapat menjadi salah satu cara agar rumah menjadi lebih nyaman. Jangan lupa untuk melibatkan anak dalam aktivitas tersebut.

Menurut dia, dengan melibatkan anak, maka anak akan lebih peka dan paham terhadap apa yang benar-benar dia butuhkan. Selain itu, ikatan orang tua dan anak juga dapat lebih erat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement