Ahad 12 Mar 2023 08:00 WIB
Bahaya Minuman Manis

Hati-Hati, Makanan Tinggi Garam, Gula, dan Lemak Bikin Kita Cepat Tua

Batasi asupan makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan memegang makanan manis (ilustrasi). Makanan manis dapat menimbulkan inflamasi yang mempercepat proses penuaan.
Foto:

Faktor Lain yang Picu Penuaan Dini

Selain pola makan, dr Lanny menjelaskan ada beberapa faktor dari luar lain yang memengaruhi penuaan dini pada kulit. Iklim, sinar matahari, pola makan, pola tidur, tingkat stres, dan perawatan yang salah bisa menjadi pemicunya.

Sementara itu, faktor dari dalam tubuh yang mempengaruhi penuaaan adalah genetik. "Jadi bisa jadi genetik kita bagus, tetapi gaya hidup berantakan, cara merawat kita kurang tepat, ya ini jadi masalah juga," ungkapnya.

Oleh karena itu, dr Lanny mengingatkan untuk merawat kulit dari dalam dan dari luar tubuh. Dari luar, kulit bisa dijauhkan dari risiko penuaan dini dengan menggunakan sun block untuk mengatasi paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari.

Sementara itu, jika berada diruang ber-AC, pasti kulit akan mengalami dehidrasi. Dokter Lanny mengingatkan untuk menjaga kulit dengan mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh dan memakai pelembap.

Selain itu, tidur yang cukup. Kurang tidur akan menimbulkan radikal bebas di kulit. Begitu juga dengan merokok.

"Jadi sebaiknya dihindari," kata dr Lanny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement