Jumat 03 Mar 2023 14:52 WIB

Sindrom Ramsay Hunt, Kondisi Langka yang Bikin Justin Bieber Batalkan Tur Konsernya

Pada Juni 2022, Justin Bieber mengumumkan diagnosis sindrom Ramsay Hunt.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Justin Bieber berpose saat menghadiri Grammy Awards di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 3 April 2022. Bieber telah membatalkan jadwal tur konsernya dengan alasan kesehatan.
Foto:

Virus varicella zoster biasanya dikaitkan dengan cacar air, tetapi juga menyebabkan herpes zoster atau pengaktifan kembali virus setelah seseorang sembuh dari cacar air. Itu bisa menyebabkan ruam yang menyakitkan, gatal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Pada usia anak-anak, kemungkinan terinfeksi dapat ditekan dengan secara rutin divaksinasi cacar air. Vaksin tersebut tersedia di AS pada tahun 1995, dan disetujui untuk digunakan di Kanada, tempat Bieber lahir, pada tahun 1998.

Sindrom Ramsay Hunt juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, telinga berdenging, dan lepuh yang menyakitkan di dekat telinga. Kondisi ini memengaruhi sekitar lima dari setiap 100 ribu orang di Amerika Serikat per tahun, menurut Database Penyakit Langka.

Dalam beberapa kasus, kelumpuhan bisa permanen. Meski begitu, gejalanya biasanya hilang setelah pengobatan dengan obat-obatan seperti obat antivirus dan kortikosteroid, menurut Mayo Clinic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement