Jumat 03 Mar 2023 08:47 WIB

Ada Kasus Flu Burung, Aman Nggak Makan Ayam dan Telur?

Flu burung merupakan penyakit zoonosis, bukan foodborne disease.

Telur ayam. Di tengah kekhawatiran akan penularan flu burung, masyarakat diimbau tak takut mengonsumsi telur dan daging ayam.
Foto:

Cara Memproses Daging Unggas

Walaupun virus flu burung bukan dikategorikan foodborne disease atau penyakit yang ditularkan melalui makanan, Khrisdiana tetap mengimbau agar masyarakat memproses daging unggas dengan pemasakan yang baik dan tidak dikonsumsi setengah matang. Jalan yang paling baik, menurut dia, pilihlah unggas yang sehat untuk dikonsumsi.

"Ketika kita memasak daging dengan baik, handling dengan baik, jadi terutama pada saat dimasak ya harus dimasak dengan matang, tidak ada bahaya yang bisa menyertai," kata Khrisdiana.

Masalahnya ada saat penanganan ayam hidup, yakni ketika sebelum dilakukan penyembelihan sampai proses memasaknya. Pada produk telur, Khrisdiana juga mengingatkan agar masyarakat mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa feses yang mungkin menempel pada kulit telur.

Masyarakat juga tak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging unggas dan telurnya. Sebab, menurut Khrisdiana, para peternak di Indonesia umumnya sudah andal dalam mengawasi produk-produknya dan tidak akan memasarkan produk hewan yang sakit untuk dikonsumsi oleh manusia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement