Kamis 02 Mar 2023 18:19 WIB

The Overtunes Memasuki Babak Baru Lewat EP Endlessly

EP Endlessly The Overtunes berisi empat lagu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Indira Rezkisari
Musisi The Overtunes dalam sesi pemotretan untuk cover EP Endlessly.
Foto: Dok Creathink Publicist
Musisi The Overtunes dalam sesi pemotretan untuk cover EP Endlessly.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — The Overtunes memasuki babak baru perjalanan bermusiknya, dengan merilis EP bertajuk Endlessly. Sebagai sebuah grup musik yang sudah bersama lama, kini mereka kian tumbuh dewasa melalui karya-karyanya.

Aspek bermusik yang mendewasakan mereka juga banyak, mulai dari segi lirik, eksplorasi musik, tema cerita, hingga gestur pendewasaan lainnya. “Semakin ke sini semakin mengerti saja sih,” ucap salah satu personel The Overtunes, Mikha Angelo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

EP Endlessly ini berisi empat lagu, dua di antaranya sudah lebih dulu diperdengarkan, yakni “Write Me Another Song” di Januari 2022 dan “Benar-Benar” di September 2022 yang turut melibatkan Idgitaf sebagai kolaborator.

Sementara dua lagu lain yang menyusul hadir adalah “Seperti Dulu” dan “Endlessly” yang berjudul sama dengan EP. Momen perilisan EP ini menjadi ajang bagi Mikha Angelo, Mada Emmanuelle, dan Reuben Nathaniel untuk lebih mengenal diri mereka sendiri di perjalanan terbarunya.

“Setiap proyek atau setiap keinginan kita bermusik itu ada tempatnya, dan kita mungkin sudah mengenal The Overtunes itu tempatnya di mana, kita mau bikin lagu kayak gimana, buat siapa, dan akhirnya dari situ kita lebih mudah untuk memilih-milih,” kata Mikha lagi.

Ada rentang waktu enam bulan semenjak rilisnya single “Benar-Benar” dengan EP Endlessly. Periode tersebut dilewati oleh The Overtunes untuk merampungkan keseluruhan konsep dari EP ini hingga akhirnya menemui bentuk akhirnya sekarang.

Masing-masing personel sepakat, bahwa jika ada satu kata yang bisa merangkum keseluruhan EP ini, maka kata tersebut adalah ‘narator’. Bagaimana mereka mereka memposisikan diri sebagai seorang ‘pencerita’ dari ragam kisah cinta dengan berbagai latar sebagai tema utamanya.

“Seluruh cerita yang ada di dalam lagu ini, kita menceritakan manusia di posisi ketika sedang jatuh cinta dan levelnya beda-beda. Ada yang levelnya dari suka-sukaan, level yang tulus banget sampai mendoakan, ada juga yang telah berpuluh-puluh tahun menikah. Tentang manusia dan perasaan paling manusiawi,” ujar Mikha.

EP Endlessly turut melibatkan adik mereka, Luciano Andrew yang dipercaya untuk menggarap ilustrasi dari sampulnya. Ada kesinambungan ilustrasi dari dua single sebelumnya dan juga dengan EP ini.

Kini, mereka juga sedang membangun ToV Records, label rekaman yang menaungi rilisan-rilisan mereka. Tidak hanya itu saja, The Overtunes juga akan menghadirkan satu lagi EP sebelum akhirnya melahirkan album ketiga. Harapannya, seluruh rencana jangka panjang tersebut bisa rampung sebelum 2023 berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement