Kamis 02 Mar 2023 18:11 WIB

Ini Dia Kuteks Halal dan Wudhu Friendly

Selain halal, kuteks memiliki bahan yang aman dan tersedia dalam berbagai warna.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Kuteks halal kian diminati oleh perempuan Indonesia, karena membuat kuku bisa ‘bernapas’ dan ‘wudhu friendly’/ilustrasi.
Foto: thedrinksbusiness
Kuteks halal kian diminati oleh perempuan Indonesia, karena membuat kuku bisa ‘bernapas’ dan ‘wudhu friendly’/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Selama ini kuteks dianggap haram dalam Islam didasarkan pada pandangan sebagian ulama. Alasannya, kuteks terbukti menghalangi resapan air wudhu ke kuku jari, khususnya kulit di sela-sela antara kuku dan jari.

Kuteks halal hadir untuk mengubah pandangan haram ini, dengan menghadirkan kuteks berformula polimer sehingga memungkinkan oksigen dan molekul air mencapai kuku. 

Baca Juga

Tak pelak, kuteks halal kian diminati oleh perempuan Indonesia, karena membuat kuku bisa ‘bernapas’ dan ‘wudhu friendly’. Beberapa jenama kuteks lokal maupun internasional, rupanya juga banyak yang peduli akan hal ini.

Berikut ini rekomendasi beberapa kuteks halal lokal maupun internasional:

1. Emina

Emina merupakan jenama kosmetik yang memiliki produk untuk kutek halalnya yaitu Emina Nail Polish Water Based. Keunggulan dari kutek ini adalah mengandung bahan breathable yang bisa tembus air dan udara. Selain itu, kuteks halal dari Emina ini mudah dikelupas atau peel off, cepat kering, memiliki bahan yang aman untuk kuku dan tersedia dalam 18 warna.

 

2. Zoya

Zoya merupakan salah satu jenama dengan produk make-up halal, dan mengeluarkan produk kuteks. Dengan nama Zoya Nail Polish yang hadir dengan beragam warna, kuteks ini menjadi salah satu pelopor kuteks halal.

Selain warna yang beragam mulai dari glitter hingga matte, formula yang digunakan sangat aman sehingga tidak akan merusak pigmen kuku. Kuteks ini juga tidak membuat kuku kering atau rapuh.

 

3. Inglot

Inglot merupakan jenama internasional yang berasal dari Eropa serta memiliki lebih dari 700 cabang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Inglot meluncurkan kuteks halalnya dengan nama Inglot O2M yang memiliki bahan breathable nail enamel.

Bahkan, tulisan tersebut dicetak secara jelas di badan botolnya. Dengan tulisan tersebut, pengguna muslim akan yakin bahwa kuteks ini bisa menyerap air, karena kuteks ini diformulasikan tanpa empat bahan berbahaya, seperti Toluene, Formaldehyde, Dibutyl phthalate dan Camphor.

 

4. Vivre

Produk kosmetik yang dibuat di Amerika Serikat ini sudah bersertifikat halal internasional, karena mengandung formula breathable. Selain itu, kuteks ini mengandung bahan-bahan seperti Vitamin B5, C, dan Minyak Argan, untuk membantu menjaga kuku tetap kuat dan sehat.

 

5. MS Glow

MS Glow merupakan jenama kecantikan yang sempat naik daun pada 2022 lalu, dan sudah dikenal lebih luas. Mereka pun meluncurkan produk kuteks halalnya dengan nama Nail Polish Halal MS Glow.

Nail Polish Halal ini tersedia dalam enam shades cantik dan top coat yang sudah terverifikasi halal, serta sudah terdaftar di BPOM dengan breathable formula. Formula yang terbukti mampu menyerap air dan udara ke dalam kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement