Kamis 02 Mar 2023 17:39 WIB

Batas 'Aman' Ayam Mentah Disimpan di Kulkas

Ada beberapa cara untuk mengetahui ayam di kulkas masih bagus atau tidak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Daging ayam (ilustrasi). Berapa lama ayam mentah bertahan di lemari es?
Foto: www.pixabay.com
Daging ayam (ilustrasi). Berapa lama ayam mentah bertahan di lemari es?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang Anda membeli semua bahan yang dibutuhkan di toko bahan makanan. Namun, kemudian Anda dengan cepat melupakan itu semua.

Baca Juga

Suhu dingin lemari es memang dirancang untuk membantu mengawetkan makanan cukup lama sampai Anda siap untuk memakannya. Anda mungkin bertanya-tanya apakah bahan makanan yang ada di lemari es masih aman untuk dimakan? Khususnya, berapa lama ayam mentah bisa bertahan disimpan di sana dan bagaimana cara mengetahui ayam mentah sudah busuk?

 

Berdasarkan pedoman Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), setelah unggas mentah masuk ke lemari es standar dan disetel ke sekitar 4,4 derajat Celsius atau lebih rendah, maka Anda memiliki waktu hingga dua hari untuk menggunakannya. Meskipun pedoman USDA bisa menjadi patokan, namun tentu saja ini relatif dan dapat berubah berdasarkan keadaan masing-masing.

Dilansir Eat This, Not That, Kamis (2/3/2023), berikut ini adalah cara mengetahui apakah ayam mentah masih bagus ketika disimpan di lemari es atau tidak:

1. Periksa tanggal

Setelah beli ayam mentah, segera simpan di lemari les. Gunakan juga tanggal “dijual-oleh” sebagai pengukur untuk memulai berapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum ayam mentah membusuk.

Menurut USDA, “Ayam segar, daging giling, dan unggas giling harus dimasak atau dibekukan dalam satu hingga dua hari setelah pembelian.” 

2. Lihat perubahan warna

Anda mencari isyarat visual untuk mengetahui apakah ayam mentah Anda sudah busuk. Biasanya, ayam mentah yang masih segar dan aman untuk dimakan, warnanya akan terlihat merah muda terang atau bahkan kuning dengan lemak putih cerah. Jika Anda melihat lemak kuning yang kotor, atau corak hijau dan abu-abu, buang ayam mentah tersebut.

3. Berbau busuk

Untuk memeriksa apakah ayam mentah masih bagus, keluarkan dari lemari es dan endus sebentar. Jika Anda menemukan bau yang asam, mencurigakan, atau yang mengandung belerang, singkirkan ayam mentah tersebut.

4. Periksa teksturnya

Saat masih segar, ayam mentah akan tampak berkilat, lembap saat disentuh, bahkan sedikit licin. Namun jika terasa sangat berlendir, lengket, dan lembek, buang ayam mentah Anda secepatnya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement