Senin 27 Feb 2023 09:19 WIB

FDA Setujui Penggunaan Alat Tes Rumahan Pertama untuk Deteksi Flu dan Covid-19

Alat tes flu dan Covid-19 itu bisa dibeli tanpa resep dokter.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas Kesehatan mengambil sampel lendir dari hidung saat tes usap (swab test) Covid-19 PCR massal di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan, di Medan, Sumatra Utara, Senin (1/2/2021). Amerika Serikat izinkan alat tes rumahan Lucira Covid-19 & Flu untuk dipakai secara mandiri di rumah.
Foto:

Sementara itu, dr Timothy Brewer, profesor kedokteran dan epidemiologi di University of California, Los Angeles di California Amerika Serikat mengatakan tes di rumah merupakan kabar baik bagi konsumen.

"Kita punya obat antivirus untuk influenza dan Covid-19, saya harap orang yang dites positif akan menghubungi penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui apakah mereka memerlukan tes konfirmasi dan mendapatkan pengobatan," kata dr Brewer melalui email kepada Fox News Digital.

Terlepas dari hasil tes di rumah, dr Brewer mengatakan siapa pun yang memiliki gejala mirip flu harus menjalani isolasi sampai merasa lebih baik dan tidak demam. Jika sewaktu-waktu mengalami kesulitan bernapas, memiliki kebingungan, atau tidak kunjung membaik, mereka harus segera mencari pertolongan medis terlepas dari apakah hasil tes mereka positif atau negatif.

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan di situs webnya bahwa tes Covid-19 rumahan yang positif dapat dipercaya, tetapi hasil negatif palsu mungkin terjadi. Mereka yang menerima hasil negatif tetapi masih memiliki gejala pilek atau flu harus mencari perawatan lanjutan dari dokter.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement