Senin 27 Feb 2023 07:10 WIB

Waktu Terbaik untuk Olahraga Ternyata Siang Hari, Apa Alasannya?

Studi terbaru mengungkap berolahraga paling bagus pada jam makan siang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga di rumah (ilustrasi). Sebuah penelitian baru kini menunjukkan bahwa berolahraga pada jam makan siang dapat melindungi orang dari kematian dini dibandingkan dengan berolahraga di pagi atau sore hari.
Foto:

Korelasi mengejutkan yang ditemukan oleh tim peneliti adalah bahwa pria dan wanita yang paling sering melakukan aktivitas fisik sedang atau berat seperti jalan cepat, hidup lebih lama dibandingkan mereka yang jarang berolahraga, tak peduli jam berapa pun mereka bangun dan beraktivitas. Hubungan antara olahraga di siang hari dan kemungkinan hidup lebih lama juga terlihat oleh tim peneliti.

Para peneliti menunjukkan bahwa sore hari rupanya bertepatan dengan waktu di mana, secara statistik, orang paling kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

"Meskipun hubungan ini dibuat di antara kelompok lansia, laki-laki dan peserta yang kurang aktif secara fisik, kami melihat aktivitas fisik sedang hingga kuat dapat memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," kata peneliti, seperti dilansir India Today, Senin (27/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement