Rabu 22 Feb 2023 11:59 WIB

Dokter: Pakai Masker Saat Bersih-Bersih Rumah, Terhirup Zat Pembersih Bahayakan Paru

Bahan kimia dari produk pembersih bisa menguap dan terhirup hingga bahayakan paru.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Produk pembersih kaca (ilustrasi). Bahan kimia dari semprotan pembersih akan mencemari udara dan dapat terhirup. Jika paparannya terjadi secara konstan, itu dapat merusak kesehatan paru.
Foto:

D Norman H Edelman, konsultan senior untuk urusan ilmiah di American Lung Association, sebelumnya menyarankan sebaiknya menggunakan pembersih yang tidak beracun untuk di rumah, terutama jika Anda menderita asma atau alergi. Mereka menyoroti kebiasaan orang membuat pembersih yang lebih ampuh dengan menggunakan pemutih klorin dan larutan alkali di rumah.

"Padahal, cairan ini bisa sangat mengiritasi paru-paru," ujarnya.

Edelman menyebut produk seperti itu biasanya tidak perlu digunakan untuk keperluan pembersihan secara umum. Sementara itu, Edelman juga menyoroti fakta bahwa orang yang menggunakan pemutih klorin dan larutan alkali sering kali tidak tahu cara melindungi diri dari paparan zat yang dapat membahayakan tersebut.

Edelman mengatakan memakai masker mungkin dapat membantu, tetapi itu tidak akan mencegah uap keluar. Petugas kebersihan dan pekerja lain yang terus-menerus terpapar bahan kimia harus mempertimbangkan peralatan yang memadai untuk melindungi dirinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement