Jumat 17 Feb 2023 22:06 WIB

Cara Tidur Cepat, 5 Tips Sederhana Ini Punya Efek Manjur

Tidur kurang dari tujuh jam bisa merugikan kesehatan diri sendiri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Wanita tertidur. Jika Anda mengalami susah tidur, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Wanita tertidur. Jika Anda mengalami susah tidur, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari hipertensi hingga kelelahan. National Health Service (NHS) di Ingris mengatakan, jika seseorang tidur kurang dari tujuh jam setiap malamnya, dapat merugikan kesehatan diri sendiri.

Lembaga tersebut memberikan lima kiat agar Anda bisa tidur dengan cepat, seperti dilansir laman Express, Jumat (17/2/2023):

Baca Juga

1. Rutinitas

Salah satu langkah terpenting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik secara konsisten adalah menciptakan rutinitas. Dengan berkomitmen untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, maka ini akan melatih tubuh untuk bangun dan tertidur sesuai isyarat itu.

 

“Memiliki pola tidur yang teratur sangat penting untuk tidur yang nyenyak. Ingat, rutinitas tidur dimulai sebelum kita benar-benar tidur, jadi luangkan waktu setiap malam untuk bersantai, dan cobalah untuk mematikan gawai,” kata NHS dalam keterangannya.

2. Catat apa yang dipikirkan

Jika Anda malah merenungkan masalah ketika kepala bersandar di bantal, mungkin Anda perlu memasukkan tulisan ke dalam rutinitas waktu tidur. Sebelum tidur, catat mencatat pikiran yang ada di kepala Anda dan buat daftar tugas untuk keesokan paginya.

3. Persiapan untuk tidur

Tips lain yang disetujui NHS adalah tertidur lebih cepat, secara lebih konsisten, termasuk menjaga tubuh sepanjang hari. “Kesehatan fisik dan bagaimana Anda menjaga tubuh dapat berdampak besar pada tidur,” kata NHS.

Sebaiknya, Anda sebaiknya menghindari kafein, jauhi alkohol, nikotin, atau makan besar terlalu dekat dengan waktu tidur. “Olahraga teratur juga bagus untuk tidur yang paling baik dilakukan pagi hari,” kata NHS.

4. Lingkungan yang tenang

"Hal-hal sederhana dapat berdampak besar agar bisa tidur dan tetap tidur," kata NHS.

Inilah alasan pentingnya untuk memiliki kamar tidur yang sejuk, gelap, dan tenang yang akan membuat kondusif untuk tidur. Beberapa orang juga menganggap memutar suara sekitar seperti hujan atau musik lembut sangat membantu.

5. Jangan memaksa tidur

Jika telah berbaring di tempat tidur dan tidak bisa tidur, jangan coba-coba memaksanya. Untuk memutuskan hubungan antara tempat tidur dan terlalu banyak berpikir, adalah dengan bangun dan melakukan sesuatu yang menenangkan. Misalnya, baca buku di tempat yang berbeda.

Setelah menerapkan lima langkah ini, jika masih sulit tidur, disarankan untuk membuat janji dengan dokter. Bersama dokter, Anda bisa mendiskusikan perawatan untuk membantu tertidur lebih cepat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement