Jumat 17 Feb 2023 17:42 WIB

Psikolog Ungkap Manfaat Dengarkan Musik Ketika Berhubungan Seksual

Benarkah berhubungan seksual sambil mendengarkan musik bisa membuat lebih ekspresif?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Hubungan seksual (ilustrasi). Mendengarkan musik saat berhubungan seksual disebut memiliki manfaat.
Foto: www.freepik.com.
Hubungan seksual (ilustrasi). Mendengarkan musik saat berhubungan seksual disebut memiliki manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan hubungan seksual antara suami dan istri sambil mendengarkan musik ternyata memiliki "manfaat" tersendiri. Banyak pasangan memilih menggunakan musik agar suasana dalam bercinta lebih nyaman.

“Saya lihat memang banyak orang yang menggunakan musik untuk membangun mood-nya, supaya pada akhirnya ketika bercinta lebih ekspresif,” ujar psikolog klinis Inez Kristanti dalam peluncuran lagu “Come Closer” by Soundwave di Valhalla Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023) malam.

Baca Juga

Dia sering mendengar cerita bahwa musik membuat seseorang lebih percaya diri saat bercinta. Ada yang merasa musik membuat lebih luwes hingga membantu mengatur ritme lebih tepat ketika bercinta.

Namun itu semua perlu ditinjau lebih lanjut. Sebab sampai saat ini, belum ada penjelasan atau penelitian secara teori logis tentang hubungan antara musik dan gairah bercinta. Ada yang beranggapan bahwa area otak yang memproses musik memiliki kesamaan dengan area yang mendukung aktivitas seksual.

 

“Sehingga di situ orang mulai berspekulasi, mencoba, apa jangan-jangan dengan musik ini bisa menunjang gaya bercintanya itu juga, membantu lebih membangun mood,” kata psikolog Angsamerah itu.

Inez mengatakan, penelitian terkait hubungan seksual dengan musik masih sangat terbatas dan butuh konfirmasi lebih lanjut. Namun, kata dia, karena ada penjelasan tentang kesamaan tadi, kemungkinan akan masuk akal untuk menjadi sebuah ide yang menarik dalam memainkan musik ketika melakukan aktivitas seksual.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement