Kamis 16 Feb 2023 22:48 WIB

Mengenal Terowongan Cu Chi yang Buat Pasukan AS Kewalahan di Film Ambush

Pasukan AS harus menyusuri terowongan Cu Chi yang berbahaya di Perang Vietnam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan dalam film Ambush. Labirin terowongan bawah tanah membawa kengerian tersendiri bagi tentara AS yang bertugas di Perang Vietnam.
Foto: dok: Saban Films
Adegan dalam film Ambush. Labirin terowongan bawah tanah membawa kengerian tersendiri bagi tentara AS yang bertugas di Perang Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam film Ambush, labirin bawah tanah menjadi tempat berperang baru. Film yang memiliki latar Perang Vietnam tahun 1966 menceritakan perjuangan pasukan Amerika Serikat (AS) dalam merebut dokumen rahasia yang berada di tangan tentara Viet Cong.

Misi baru itu membawa tentara yang tersisa di markas harus menyusuri labirin bawah tanah yang dibuat oleh tentara Viet Cong. Labirin tersebut mengharuskan pasukan AS harus berperang dalam kondisi gelap dan bertempur dalam jarak dekat.

Baca Juga

Belum lagi jebakan-jebakan mematikan juga tersebar di sana. Sebenarnya, labirin bawah tanah memiliki sebutan terowongan Cu Chi. Strategi Cu Chi berhasil membuat pasukan AS kewalahan menghadapi Viet Cong.

Dikutip dari laman History, Kamis (16/2/2023), pasukan gerilya komunis Viet Cong menggali puluhan ribu mil terowongan, termasuk jaringan ekstensif yang berjalan di bawah distrik Cu Chi di barat laut Saigon. Pasukan komunis mulai menggali jaringan terowongan di Vietnam Selatan pada akhir 1940-an dan sering digali dengan tangan.

Ketika AS semakin meningkatkan kehadiran militernya di Vietnam pada awal 1960-an, pasukan Vietnam Utara dan Viet Cong secara bertahap memperluas terowongan. Pada puncaknya selama Perang Vietnam, jaringan terowongan di distrik Cu Chi menghubungkan basis dukungan Viet Cong dengan jarak sekitar 250 kilometer dari pinggiran Saigon sampai ke perbatasan Kamboja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement