Selasa 14 Feb 2023 00:30 WIB

Kurangi Risiko Fatty Liver Disease dengan Jalan Kaki, Cukup 22 Menit Sehari!

Fatty liver disease tidak menimbulkan gejala pada awalnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Jalan cepat atau bersepeda ringan selama setengah jam sehari lima kali sepekan dapat membantu mencegah keparahan penyakit perlemakan hati (fatty liver disease).
Foto:

Faktor Risiko Fatty Liver Disease

Selain obesitas, faktor lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit hati berlemak adalah diabetes tipe 2, memiliki kondisi yang memengaruhi cara tubuh menggunakan insulin, memiliki resistensi insulin seperti sindrom ovarium polikistik, dan memiliki tiroid yang kurang aktif. Tekanan darah tinggi juga termasuk faktor risikonya.

Demikian juga dengan memiliki kolesterol tinggi dan memiliki sindrom metabolik (kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas). Orang yang berusia di atas 50 tahun dan orang yang kecanduan  rokok pun berisiko mengembangkan fatty liver disease.

Ingin menurunkan risiko perlemakan hati? NHS merekomendasikan untuk menurunkan berat badan jika perlu, mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan berhenti merokok.

Penyakit perlemakan hati sering kali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Hanya saja, jika sudah menjadi lebih serius, itu dapat menyebabkan gejala antara lain rasa sakit yang tumpul atau nyeri di bagian kanan atas perut (di atas sisi kanan bawah tulang rusuk), kelelahan yang ekstrem, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, lunglai, kulit dan bagian putih mata menguning (penyakit kuning), kulit terasa gatal, serta pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, kaki atau perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement