Senin 13 Feb 2023 20:52 WIB

Akibat Polusi Udara, Orang Indonesia Rata-Rata Kehilangan 1,2 Tahun Usia Harapan Hidup

Polusi udara berkontribusi pada 11,65 persen kematian secara global.

Lanskap gedung-gedung di Jakarta, Selasa (20/12/2022). Dampak polusi udara terhadap kesehatan respirasi dapat berupa terasa secara akut maupun kronis.
Foto:

Perbaikan kualitas udara

Prof Agus merekomendasikan kepada pihak terkait, baik itu masyarakat, pelaku industri, pemerintah, dan dokter agar secara sinergis dapat turut ikut serta berkontribusi pada pengendalian kualitas udara. Masyarakat dapat memulai dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum atau kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

"Masyarakat saat ini juga bisa menghindari kegiatan di luar ruangan saat polusi udara sedang tinggi dengan memantau kualitas udara real-time dengan aplikasi (misal aplikasi AirVisual dari IQAir) yang bisa diunduh di ponsel," ujar Prof Agus.

Masyarakat juga disarankan menggunakan masker sesuai standar bila beraktivitas di luar ruangan saat kualitas udara tidak sehat. Sementara itu, pelaku industri dapat menurunkan kadar polusi dengan melakukan kajian dampak lingkungan dari aktivitas industri yang dilakukan.

"Institusi pendidikan dan pemerintah juga perlu melakukan riset dan inovasi yang mendorong energi terbarukan, termasuk mendorong pendirian pembangkit listrik tenaga alternatif," katanya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement