Selasa 14 Feb 2023 01:15 WIB

Deretan Proyek Film dan Drama Aktor Yoo Ah-in

Aktor Yoo Ah-in sedang menjadi sorotan setelah terbukti positif menggunakan ganja

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Aktor Yoo Ah-in saat berperan di serial Hellbound. Kasus narkoba yang menimpanya membuat film Yoo Ah-in kemungkinan besar ditunda.
Foto: Netflix
Aktor Yoo Ah-in saat berperan di serial Hellbound. Kasus narkoba yang menimpanya membuat film Yoo Ah-in kemungkinan besar ditunda.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Aktor Yoo Ah-in sedang menjadi sorotan setelah terbukti positif menggunakan ganja atau mariyuana. Yoo sendiri dikenal karena memainkan spektrum peran yang beragam baik di televisi maupun film. Aktor dari perusahaan hiburan United Artists Agency (UAA) itu sering memerankan karakter dinamis yang menunjukkan pertumbuhan pribadi yang signifikan.

Dilansir My Drama List pada Senin (13/2/2023), Yoo membintangi film drama misteri //Burning// yang disutradarai oleh auteur terkenal Korea Selatan, Lee Chang-dong pada 2018. Film ini mendapat pujian universal, bahkan bersaing untuk Palme d'Or di Festival Film Cannes 2018. Film ini terpilih untuk bersaing dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-91. Untuk perannya sebagai Lee Jong-su, Yoo menerima pujian kritis internasional, termasuk terpilih untuk fitur “The Best Actors of 2018" The New York Times.

Untuk karyanya di film dan televisi, Yoo memenangkan penghargaan Aktor Terbaik di Blue Dragon Film Awards dan Baeksang Arts Awards. Untuk perannya di film #Alive dan Voice of Silence, Yoo dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Tahun Ini di Cine 21 Awards 2020.

Untuk penampilannya di Voice of Silence, sebuah film indie beranggaran rendah, Yoo memenangkan penghargaan Aktor Utama Terbaik dan Bintang Populer di Penghargaan Film Blue Dragon ke-41. Dia menjadi aktor kedua yang memenangkan penghargaan aktor terbaik dua kali sebelum usia 40 tahun, setelah Sol Kyung-gu. Yoo juga memenangkan Aktor Terbaik dalam Kategori Film di Baeksang Arts Awards ke-57.

 

Dilansir Rakuten Viki, Yoo terkenal karena perannya dalam drama sejarah "Sungkyunkwan Scandal" (2010). Dia telah membintangi drama populer seperti "Fashion King" (2012), "Jang Ok Jeong, Lives in Love" (2013), "Secret Love Affair" (2014), "Six Flying Dragons" (2015), dan "Chicago Typewriter” (2017), dan “Hellbound” (2021). Dia juga muncul sebagai cameo spesial di serial populer “Descendants of the Sun” (2016).

Selain Burning (2018), #Alive (2020), dan Voice of Silence (2020), Yoo juga berperan dalam banyak proyek film, misalnya Joen, Ran dan High Five (belum memiliki tanggal rilis), The Match (2023), Seoul Vibe (2022), The Throne (2015), Veteran 1 (2015), Punch (2011).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement