Senin 13 Feb 2023 16:30 WIB

Kena Maag Seperti Ardhito? Jangan Dibiarkan, Ini Risikonya

Musisi Ardhito Pramono mengalami serangan maag saat manggung pada akhir pekan lalu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Ardhito Pramono melantunkan lagu dalam Berdendang Bergoyang Festival di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (29/10/2022). Ardhito mengaku sakit maag membuatnya jatuh pingsan pada Sabtu (11/2/2023) lalu.
Foto:

Mengobati Dispepsia

Beberapa obat dan perubahan gaya hidup bisa membantu meredakan atau mencegah munculnya gejala dispepsia. Terkait obat-obatan, dokter mungkin akan meresepkan obat jenis H2 receptor antagonist (H2RA) untuk mengurangi produksi asam lambung.

Obat jenis proton pump inhibitor (PPI) juga dapat diberikan. PPI memiliki fungsi yang sama dengan H2RA, yaitu mengurangi asam lambung, namun lebih kuat.

photo
Kenali sindrom Dispepsia alias sakit maag - (Republika)

Sedangkan untuk perubahan gaya hidup, salah satu yang direkomendasikan adalah menghindari beragam makanan yang bisa memicu timbulnya gejala dispepsia. Orang dengan keluhan dispepsia juga dianjurkan untuk menyantap makanan lebih perlahan dan tak berbaring setelah makan.

Sangat dianjurkan pula bagi orang-orang dengan masalah dispepsia untuk berhenti merokok atau menghindari rokok serta menjaga berat badan yang sehat. Kurangi pula asupan kafein, soda, dan alkohol. Yang tak kalah penting, stres juga perlu dikelola dengan baik, misalnya dengan melakukan relaksasi terapi atau yoga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement