Ahad 12 Feb 2023 22:30 WIB

Susah Terlihat, Ini Tanda Kasur Anda Dihinggapi Kutu Busuk

Keberadaan kutu busuk di kasur cukup sulit untuk terlihat dengan mata telanjang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda kasur dihinggapi kutu busuk. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tanda kasur dihinggapi kutu busuk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasur sering kali menjadi tempat melepas lelah setelah orang-orang beraktivitas seharian. Sayangnya, kasur bisa berubah menjadi mimpi buruk bila dihuni oleh tamu tak diundang, yaitu kutu busuk.

Gigitan kutu busuk atau kepinding dapat memunculkan beragam keluhan yang mengganggu di kulit. Seperti dilansir Mayo Clinic, sebagian dari keluhan tersebut adalah gatal, bintik merah yang meradang, serta reaksi alergi seperti gatal hebat dan bentol-bentol.

Baca Juga

Di sisi lain, keberadaan kutu busuk cukup sulit untuk terlihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, orang-orang bisa tak menyadari keberadaan kutu busuk di kasur mereka.

"Karenanya, (kutu busuk) jadi lebih sulit untuk disingkirkan," ujar para ahli dari Bed Kingdom, seperti dilansir Express, beberapa waktu lalu.

 

Kabar baiknya, ada tujuh tanda yang bisa menjadi petunjuk mengenai keberadaan kutu busuk. Berikut ini adalah ketujuh tanda yang patut diwaspadai tersebut:

1. Bau tak biasa

Keberadaan kutu busuk biasanya akan membuat kamar tidur mengeluarkan bau yang baru dan aneh. Bau ini bisa muncul ketika kutu busuk merasa terancam.

"(Saat merasa terancam kutu busuk) mengeluarkan sesuatu yang bernama feromon alarm yang memiliki sedikit aroma seperti raspberi, ketumbar, atau almond," kata para ahli.

Dalam kasus yang berat, keberadaan kutu busuk bisa memunculkan bau yang lebih menyengat. Biasanya, aroma yang muncul akan terasa seperti aroma karatan.

2. Bekas gigitan

Fisik kutu busuk mungkin cukup sulit untuk terlihat. Namun, cendera mata dari kutu busuk, yaitu bekas gigitannya, bisa terlihat dengan mudah di kulit.

"Bila Anda bangun dengan bentol yang gatal, dan merah, ini bisa jadi pertanda adanya kutu busuk," ujar para ahli.

Gigitan kutu busuk umumnya terlihat pada lengan dan kaki. Terkadang, akan terlihat beberapa gigitan berkumpul menjadi satu klaster.

3. Warna darah

Kutu busuk biasanya menghisap darah hingga penuh. Orang yang sedang tidur bisa tanpa sengaja menindih kutu busuk tersebut hingga darah kembali keluar dari kutu busuk dan mengotori kasur. Oleh karena itu, bila muncul bulatan-bulatan kecil berwarna merah di seprai tanpa sebab yang jelas, kemungkinan itu berasal dari kutu busuk.

4. Bintik cokelat

Hal lain yang bisa menandakan adanya kutu busuk di kasur adalah kemunculan bintik-bintik berwarna cokelat gelap. Bintik-bintik tersebut sebenarnya merupakan kotoran dari kutu busuk. Kotoran ini bisa terlihat di berbagai area kasur dan memunculkan aroma karatan.

5. Keberadaan telur

Seperti halnya kutu busuk, telur kutu busuk juga cukup sulit terlihat karena hanya berukuran sekitar satu milimeter. Namun, telur kutu busuk yang memiliki bentuk seperti bulir beras berukuran kecil tetap bisa terlihat bila dipandang dengan seksama.

6. Cangkang kosong

Ada beberapa kali proses shedding yang dilakukan oleh kutu busuk sepanjang hidupnya. Tiap proses ini akan menghasilkan cangkang kosong dengan ukuran berbeda. Cangkang kosong ini memiliki warna kuning transparan yang biasanya ditemukan pada sela-sela lipatan kasur.

7. Kutu busuk hidup

Keberadaan kutu busuk hidup memang cukup sulit terlihat karena mereka pandai bersembunyi. Namun, keberadaan kutu busuk akan lebih mudah untuk terlihat ketika kondisi infestasinya sudah lebih berat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement