Rabu 08 Feb 2023 04:00 WIB

Anda Kena Hipertensi? Lakukan 3 Hal Ini untuk Turunkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan penyebab utama terjadinya kematian dini di dunia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur tekanan darah (ilustrasi). Mengukur tekanan darah di rumah sangat direkomendasikan. Jangan mengandalkan pengukuran di fasilitas kesehatan karena hasilnya bisa jadi lebih tinggi akibat rasa cemas akan bertemu dokter.
Foto:

Tanyakan Potensi Masalah Hormon Bila Hipertensi Sulit Terkontrol

Selain mengonsumsi obat secara rutin, penderita hipertensi dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah rutin berolahraga, menyantap makanan bergizi dan seimbang, menghindari konsumsi alkohol dan garam berlebih, serta menjaga berat badan yang sehat.

Bagaimana kalau hipertensi masih sulit terkontrol? Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan adanya masalah hormon.

Seperti diketahui, salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi adalah peningkatan hormon aldosteron. Kondisi ini sebelumnya dianggap cukup langka. Namun, studi terbaru mengindikasikan bahwa kasus hipertensi yang dipicu oleh peningkatan hormon aldosteron mungkin lebih sering terjadi dibandingkan perkiraan sebelumnya.

"Sebuah publikasi penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20 persen pasien yang hipertensinya sulit dikendalikan mungkin memiliki kadar aldosteron yang tinggi," ujar dr Hurst.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement