Selasa 07 Feb 2023 11:04 WIB

Shower di Kamar Mandi Berkerak, Hilangkan dengan Disinfektan Alami Berikut Ini

Bagian kepala shower rentan terhadap penumpukan kerak yang tak menyenangkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Cara menghilangkan kerak di kepala shower (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara menghilangkan kerak di kepala shower (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa benda yang kerap digunakan untuk membersihkan tubuhnya justru dipenuhi kotoran dan kerak. Bagian ujung shower atau kepala keran rentan terhadap penumpukan kerak yang tidak menyenangkan, dan sebaiknya ditangani sesegera mungkin.

Kumpulan kerak, buih sabun, dan terkadang jamur, bisa menjadi mimpi buruk yang harus segera disingkirkan. Karena pancuran digunakan untuk mandi dan mencuci, beberapa orang mungkin memilih untuk menghindari bahan kimia yang keras.

Baca Juga

Pendiri produk pembersih ramah lingkungan Seep, Laura Harnett, berbagi cara membersihkan ujung shower maupun kepala keran air secara efektif. Dilansir Daily Record, Selasa (7/2/2023), ahli kebersihan itu membagikan bahan-bahan alami yang dapat membuat kepala keran air menjadi bersih.

“Biarkan ujung shower dalam cuka semalaman atau bisa selama 30 menit jika itu berbahan nikel, emas, atau kuningan. Kemudian bilas dengan air hangat, lalu gosok dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan jamur yang menempel,” kata Laura.

 

Cuka adalah disinfektan alami, sehingga ujung shower akan sangat higienis dan juga bersih berkilau. Jika kepala shower atau keran air tidak bisa dilepas, maka bisa mendapatkan hasil yang sama dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik dan mengisinya dengan cuka.

Untuk versi ini, Anda memerlukan ikat rambut atau karet gelang untuk memastikan kantong plastik tetap terpasang di kepala shower atau keran. Jika masih ada buih sabun dan kerak yang tersisa, soda kue dapat digunakan untuk menggosok residu yang lebih keras dengan lembut. Bahan kue ini perlu dicampur dengan air untuk membuat pasta yang padat.

Setelah semuanya dilepas, siram dengan air hangat dan gosokkan irisan lemon di atasnya untuk membuatnya berkilau. Bahan-bahan ini biasanya pasti dimiliki setiap orang di rumah, tapi perlu dicatat bahwa alat yang Anda pilih untuk membersihkan shower dan keran air juga sama pentingnya. Lebih dari 80 persen spons pencuci dibuat dari plastik murni, yang tidak dapat didaur ulang, dengan total 600 juta spons ditambahkan ke TPA di Inggris setiap tahunnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement