Senin 06 Feb 2023 17:18 WIB

Waktu di Inggris, Trifty Qurrota Aini: Banyak yang Bertanya Tentang Hijab Lalu Soal Islam

Trifty Qurrota Aini merupakan duta World Hijab Day 2019-2021.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Trifty Qurrota Aini, pendiri Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) yang juga representative University of The West of England Inggris. Trifty pernah menjadi duta World Hijab Day.
Foto:

Tampil modis dengan hijab

Trifty mencermati gaya hijab Muslimah Indonesia memang sangat beragam. Ia menyebut ini adalah bagian dari budaya masyarakat. Gaya hijab, menurutnya, bisa dilihat dari berbagai perspektif.

"Jika dilihat dari perspektif hukum Islam, hijab memang sebaiknya sederhana dan menutup dada. Tapi jika dilihat dari perspektif budaya, hal itu bisa jadi adalah fenomena socio-culture masyarakat yang memang wajar-wajar saja terjadi," paparnya.

Di sisi lain, ada yang miris juga. Di media sosial, banyak Muslimah berhijab yang memperlihatkan auratnya, bahkan berjoget di akun TikTok-nya.

"Untuk berjoget memang sebaiknya ada batasan-batasan tertentu, dan tetap mengacu kepada norma kesopanan yang berlaku dan diterima masyarakat," ujarnya.

Secara pribadi, Trifty menyukai gaya hijab layer. Ia juga menyukai warna pastel. Untuk padu padan busana, ia merekomendasikan warna hijab dan gaya busana yang sesuai dengan karakter masing-masing.

Mendirikan komunitas jurnalis berhijab

Trifty juga mendirikan Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB). Tujuan dibentuk KJB adalah sebagai wadah solidaritas bagi jurnalis-jurnalis berhijab. Melalui beragam acara, KJB juga memiliki misi untuk menjadi tempat aktualisasi diri bagi para jurnalis berhijab.

"Di KJB saya merupakan pendirinya, namun untuk ketua atau presidennya sudah mengalami regenerasi," ujarnya.

Trifty merupakan ketua pertama. Berikutnya, jabatan itu dipegang Nikmatus Sholikah dan kini dipercayakan kepada Okky Irmanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement