Ahad 05 Feb 2023 13:30 WIB

Komunitas Hijaber Dinilai Jadi Pemacu Tumbuhnya Industri Fashion Muslim di Indonesia

Komunitas-komunitas hijaber bertumbuhan sekitar tahun 2009.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Koleksi busana Tuty Adib yang ditampilkan dalam ajang Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) online 2020.
Foto: dok. IMFWA
Koleksi busana Tuty Adib yang ditampilkan dalam ajang Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) online 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Hijab Day atau Hari Hijab Sedunia yang diperingati setiap 1 Februari disambut semarak oleh banyak Muslimah, tak terkecuali Tuty Adib. Menurut desainer modest fashion tersebut, gerakan-gerakan hijab seperti itu bisa memberi dampak positif termasuk pada industri fashion.

Tuty menyontohkan, munculnya komunitas-komunitas hijaber di sekitar tahun 2009 berhasil memantik pertumbuhan industri fashion muslim di Tanah Air.

Baca Juga

"Perkembangan industri fashion Muslim di Tanah Air mulai tampak ditandai dengan munculnya Hijabers Community di kisaran tahun 2009-an, ketika mulai banyaknya remaja dan ibu-ibu muda mengenakan hijab, dan munculnya desainer-desainer muda yang menekuni fashion hijab," kata Tuty saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (5/2/2023).

Setelah lebih dari satu dekade, Tuty juga mengamati, industri fashion Muslim di Indonesia sudah semakin berkembang. Ia juga menilai desain busana yang semakin variatif dan inovatif membuat ekosistem fashion Muslim semakin kuat.

"Banyaknya pemain di industri fashion Muslim di Tanah Air tentunya juga menjadi berita bagus," kata Tuty.

Meski demikian, Tuty tak memungkiri banyaknya desainer dan jenama fashion menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Karena itulah, ia selalu berinovasi dan berkreasi dalam mendesain setiap karya sehingga dia bisa terus memberikan inspirasi-inspirasi baru dalam setiap koleksi yang diluncurkan.

"Tapi banyak juga yang masih kurang inovasi, keterbatasan skill pemasaran, mengingat persaingan usaha sudah sangat ketat," ungkap Tuty.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement