Rabu 24 Aug 2022 22:08 WIB

JMFW 2022, Mendag: Potensi Fashion Muslim Indonesia Sangat Besar

Ada dua yang mendorong agar kiprah Indonesia lebih besar lagi di sektor fashion.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ada Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Jakarta, Selasa (23/8/2022).
Foto: Istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ada Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tetapi juga dapat menguasai pasar global, salah satunya di sektor fashion muslim Indonesia. Keunggulan dan potensi yang dimiliki menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia di tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan pada acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, Fashion Show & Dialog bertajuk "From Local Wisdom to Global Inspiration" yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan hari ini, Selasa (23/8/2022). Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama berbagai pihak antara lain Mustika Ratu, Yayasan Putri Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan sejumlah jenama fashion ternama Indonesia.

Baca Juga

“Dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia, kita tidak hanya mampu menginspirasi dunia, namun juga dapat menguasai pasar global. Beragam kain tradisional Indonesia dengan nilai filosofis menjadi sumber kreativitas bagi para desainer dan pelaku usaha fashion muslim Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Inilah yang menjadi kunci untuk mewujdukan Indonesia sebagai sebagai kiblat fashion muslim dunia di tahun 2024,” tegas Mendag Zulkifli Hasan.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, potensi pasar fashion muslim dan modest fashion sangat besar. Ada dua yang mendorong agar kiprah Indonesia harus lebih besar lagi di sektor fashion muslim dan modest fashion. Pertama, populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. 

Pada 2060, jumlahnya diprediksi meningkat menjadi 30 persen populasi global. Kedua, daya beli produk modest fashion meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir dan diperkirakan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen/populasi. 

Acara Road to JMFW 2023 Fashion Show & Dialog hari ini menampilkan pagelaran busana delapan jenama fesyen muslim kebanggaan Indonesia yaitu Kami, Ria Miranda, IKYK, Ivan Gunawan, Nada Puspita, Wearing Klamby, Khanaan, serta ButtonscarvesxBenang Jarum. 

Selain pagelaran busana, Mendag Zulkifli Hasan juga melakukan dialog dengan para desainer dari d elapan jenama tersebut mengenai perkembangan industri fashion muslim Indonesia, pengembangan kompetensi sumber daya desainer dan pelaku usaha fesyen muslim Indonesia, serta dukungan dan peran Kementerian Perdagangan guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyenmuslim dunia melalui Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement