Sabtu 04 Feb 2023 12:35 WIB

Jelang Ramadhan, Ini 4 Panduan Praktis Belanja Hemat

Bulan Ramadhan biasanya identik dengan pengeluaran belanja yang meningkat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Warga tengah berbelanja di Bazar Ramadhan. Menjelang bulan Ramadhan, persiapkan perencanaan belanja yang baik agar hemat biaya dan tidak boros/ilustrasi.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Warga tengah berbelanja di Bazar Ramadhan. Menjelang bulan Ramadhan, persiapkan perencanaan belanja yang baik agar hemat biaya dan tidak boros/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dalam menyambut bulan Ramadhan, banyak orang mulai memikirkan ide-ide menarik untuk persiapan mereka. Salah satunya berbelanja harian. Berbuka puasa, sering kali dianggap sebagai salah satu bagian istimewa dari puasa.

Dikutip dari laman VoucherCodesUAE, Sabtu (4/2/2023), terkadang orang bahkan merasa kewalahan berbelanja bahan, menyiapkan makanan, dan yang paling penting menyiasati waktu atau jadwal yang agak sibuk.

Baca Juga

Berikut tip sederhana belanja Ramadhan yang hemat:

1. Buat daftar belanja

 

Jika tidak satu bulan penuh, setidaknya Anda perlu mempersiapkan daftar belanja, minimal untuk sepekan atau dua pekan di Ramadhan. Daftar itu bisa terdiri atas produk makanan, perlengkapan yang diperlukan untuk buka dan sahur.

Buatlah daftar setelah menanyakan anggota keluarga apakah mereka juga membutuhkan sesuatu? Komunikasi dengan keluarga tentang rencana berbuka puasa, misalnya, sehingga mereka dapat memberikan saran jika Anda lupa memasukkan sesuatu.

Saat membuat rencana makan, ingatlah untuk selalu berbelanja barang kering terlebih dahulu, diikuti barang segar dan beku. Ini karena yang produk segar tidak boleh disimpan di luar lemari es untuk waktu yang lama. Pisahkan buah dan sayuran dari makanan mentah apa pun di daftar belanja untuk Ramadhan.

 

2. Periksa kulkas dan dapur

Langkah selanjutnya adalah membandingkan daftar belanjaan dengan yang sudah ada di lemari es dan dapur. Tambah atau kurangi barang seperlunya untuk memastikan tidak membawa barang yang sama. Pastikan tidak menghabiskan terlalu banyak uang untuk barang-barang yang tidak perlu karena dapat menyebabkan pemborosan makanan.

Anda akan merasa lebih nyaman, produktif, dan lebih termotivasi untuk menyiapkan makanan, memasaknya dengan tepat, dan menyajikannya jika dapur dan kulkas tampak bersih dan terawat.

 

3. Belanja barang yang paling dibutuhkan

Ingatlah bahwa tidak semua produk harus dibeli dalam jumlah banyak. Misalnya, karena umur simpan yang pendek, buah-buahan, sayuran, dan produk susu, tidak boleh dibeli dalam jumlah banyak. Selain itu, isi lemari es hanya dengan barang-barang yang baru dibeli secukupnya agar tetap cukup dingin sehingga makanan tetap segar. Perhatikan makanan yang seimbang jika ingin tetap sehat selama Ramadhan.

 

4. Belanja daring

Pilihan yang lebih menarik dan nyaman adalah membuat daftar belanja dan melakukan pemesanan daring dari niaga elektronik favorit. Dengan memanfaatkan layanan daring, belanja bisa cepat, sederhana, efisien, sekaligus nyaman. Beberapa supermarket juga telah memiliki layanan pesan antar yang bisa dipesan secara daring.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement