Rabu 01 Feb 2023 17:53 WIB

Penyayang Binatang-Penggemar Kuliner Bisa Tenang, Daging Kucing tidak Bisa Dibuat Bakso!

Asosiasi Pedagang Mie Bakso tegaskan daging kucing tidak bisa dibuat bakso.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Reiny Dwinanda
Semangkuk bakso aci (ilustrasi). Daging kucing dinilai tidak pas untuk dijadikan bakso.
Foto: Republika/MGROL116
Semangkuk bakso aci (ilustrasi). Daging kucing dinilai tidak pas untuk dijadikan bakso.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Khawatir bakso yang dimakan ternyata daging kucing? Asosiasi Pedagang Mie Bakso (APMISO) Indonesia memastikan bahwa adanya daging kucing dibuat bakso di Bogor, Jawa Barat ialah kabar bohong.

Ketua Umum APMISO, Lasiman, menjelaskan daging kucing tidak akan bisa dijadikan bahan baku bakso. Soalnya, kucing tidak memiliki daging yang tebal.

Baca Juga

Dalam pembuatan bakso, menurut Lasiman, daging yang dibutuhkan ialah daging yang tebal. Contohnya, daging sapi atau daging kerbau.

Lasiman mengatakan, kucing tidak mungkin bisa dijadikan bahan baku bakso karena tidak memiliki daging yang cukup untuk dijadikan makanan berbentuk bulat ini. Terlebih lagi, kucing merupakan binatang istimewa yang tidak layak untuk dimakan.

 

"Kalau secara pribadi maupun komunitas, pertama, kucing itukan binatang yang luar biasa. Kedua, (kucing) kan tidak ada dagingnya. Adanya balung (tulang)," kata Lasiman kepada Republika.co.id, Rabu (1/2/2023).

Menurut Lasiman, daging kambing saja tidak pas untuk dijadikan bahan baku bakso. Ia mengakui memang ada daging lainnya bisa dijadikan campuran bakso, yakni daging ayam.

"Namun, daging ayam yang digunakan untuk bakso hanyalah bagian dadanya dan hanya dijadikan campuran, bukan untuk bahan utama," jelas Lasiman.

Dari hampir jutaan anggota APMISO se-Indonesia, menurut Lasiman, hanya sebagian kecil di antaranya yang menggunakan ayam sebagai campuran bakso. Di samping itu, ada juga pedagang bakso yang menggunakan ikan sebagai bahan bakunya. Ikan yang bisa digunakan pun hanya ikan berdaging tebal seperti ikan tuna.

"Sehingga kalau ada yang menyatakan hewan-hewan lain untuk bakso, itu tidak bisa. Saya yakin masyarakat sudah pintar, sudah bisa menilai untuk hal-hal yang bisa di masak untuk bakso dan tentunya daging yang layak yaitu daging sapi, kerbau, dan ayam. Itu yang biasa dipakai," ujar Lasiman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement