Senin 30 Jan 2023 06:58 WIB

Varian Orthrus Muncul Setelah Kraken, Apakah Lebih Mengkhawatirkan?

Orthrus memiliki mutasi yang mengkhawatirkan seperti pada varian delta.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi virus corona. Varian orthrus dinamai berdasarkan makhluk mitologi Yunani yang berupa anjing berkepala dua.
Foto:

Bagaimana virus ini berevolusi?

CH.1.1 adalah keturunan dari BA.2.75, varian yang dijuluki "centaurus". Strain SARS-CoV-2 yang paling dominan saat ini adalah keturunan dari BA.5, yang melanda dunia pada musim panas ini atau BA.2.75.

Karenanya, peneliti mengatakan bahwa mereka adalah "keluarga", sehingga paparan baru-baru ini terhadap BA.2.75 atau BA.5, atau salah satu turunannya, dapat menawarkan perlindungan sementara terhadap infeksi dari keluarga tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda baru-baru ini terpapar varian BA.5, Anda mungkin kurang rentan terhadap varian BA.5 baru untuk sementara waktu, tetapi lebih rentan terhadap varian BA.2.75, dan sebaliknya. Sebagai catatan, XBB.1.5 juga merupakan turunan dari BA.2.75.

Tetapi dengan Covid-19, tampaknya ada pengecualian untuk setiap aturan. Tengok saja Jepang yang baru saja mengalami gelombang BA.5 beruntun yang menyebabkan angka kematian meroket ke titik tertinggi dalam sejarah pandemi, catat Osterholm.

Akankah vaksin booster Covid-19 omicron yang baru bisa melindungi?

Perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin Covid-19 versi awal semakin berkurang. Para peneliti dari Ohio State University merekomendasikan booster omicron yang baru sembari mencatat bahwa vaksin ini akan menawarkan perlindungan yang lebih sedikit terhadap CH.1.1 dan CA.3.1 dibandingkan dengan varian lain seperti XBB dan BQ.1.1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement