Sabtu 28 Jan 2023 16:52 WIB

Ulasan Film JJJLP, Hubungan Beracun yang Menghalangi Mimpi

Film ini memberikan pandangan toxic relationship yang bisa merusak lini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Ulasan film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). (ilustrasi)
Foto: dok. Visinema Pictures
Ulasan film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sutradara Angga Dwimas Sasongko kembali membawa cerita menyentuh lewat Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Film ini memberikan pandangan toxic relationship yang dapat merusak segala lini, bahkan menghalangi seseorang untuk meraih mimpinya.

Sudut-sudut Kota London yang tidak tersorot pun dipilih menjadi latar, untuk membuat penonton merasakan kehidupan rantau dari mereka yang tinggal di Kota London. Tentunya dari kacamata masyarakat setempat, bukan dari kacamata turis yang kerap hanya tonjolkan tempat wisata.

Baca Juga

“Saya sadar banget bahwa saya bukan orang London, dan saya nggak pernah tinggal di sana. Sehingga apa yang saya lakukan adalah saya berusaha menjadi orang yang mengamati,” ujar Angga saat konferensi pers di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Merantau dan jauh dari keluarga, lalu tinggal bersama pasangan yang toxic tentu membuat seseorang akan merasa terhimpit. Oleh karena itu, Sheila Dara yang berperan sebagai Aurora berharap pada semua orang yang sedang berada dalam jeratan toxic relationship, untuk segera melepasnya.

“Aku berharap teman-teman yang mungkin pernah mengalami atau sedang mengalami, kalau nonton film ini bisa tergerak untuk keluar ataupun untuk memutuskan tidak lagi berada di hubungan yang tidak sehat, untuk kesehatan mental dan fisik mereka masing-masing,” kata Sheila dalam kesempatan yang sama.

Sekuel dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) ini berpusat pada kisah Aurora yang mengejar impiannya untuk menjadi seorang pelukis ternama, dengan terbang ke Kota London, Inggris. Aurora memutuskan untuk berkuliah di London, agar bisa jauh dari orang tuanya untuk mencoba hidup mandiri.

Di sana, dia bertemu Jem (Ganindra Bimo) yang sesama WNI dan juga senior di kampusnya. Namun harapan Aurora ingin memetik kesuksesan bersama Jem pun sirna, setelah Aurora mengetahui perilaku toxic Jem yang sangat memukul perasaannya.

Konflik keduanya membawa Aurora mendatangi dua sahabatnya, Honey (Lutesha Sadhewa) dan Kit (Jerome Kurnia). Aurora mulai bekerja serabutan untuk tetap bertahan hidup dan membiayai kuliahnya.

Kehadiran Kit dalam film ini juga terasa sederhana namun memberikan kesan manis. Kit merasa Aurora harus terus mengejar impiannya dan jangan sampai gagal seperti dirinya. Kit sepenuh hati membantu Aurora dengan selalu mendukung tanpa menggurui.

Apakah Kit benar-benar hanya menganggap Aurora sebagai seorang teman? Lalu seberapa besar rasa khawatir keluarga Aurora pada dirinya? Ini akan terjawab dalam JJJLP yang tayang pada 2 Februari 2023 di seluruh bioskop Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement