Sabtu 28 Jan 2023 09:29 WIB

Restoran tidak Bersih Bisa Dilihat dari Tujuh Tanda Ini

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah restoran bersih atau tidak.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Restoran tidak bersih bisa dilihat dari tujuh hal ini. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Restoran tidak bersih bisa dilihat dari tujuh hal ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas makan di luar rumah menjadi ajang untuk mencoba rasa baru. Namun, sebagian dari Anda bisa jadi sulit melepaskan kekhawatiran pada dapur di sebuah restoran yang mungkin tidak sebersih yang diinginkan.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah restoran bersih atau tidak. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Jumat (27/1/2023):

Baca Juga

1. Kamar mandi

Ini mungkin cukup jelas, tetapi ada peringatan tertentu. Kamar mandi kotor mungkin akan jadi ciri pertama, tetapi perlu diperhatikan waktunya. Jika pada waktu sibuk seperti di akhir pekan, biasanya akan ada banyak pelanggan bolak-balik ke kamar mandi dan mereka tidak sempat untuk langsung membersihkannya.

 

Pendiri My Bartender, Paul Kushner, menggemakan hal ini. "Jika ingin tahu seberapa serius suatu tempat menjaga kebersihan, lihat kamar mandinya. Seharusnya aromanya netral atau mungkin lebih baik lagi, seperti wangi disinfektan atau larutan pembersih,” kata dia.

2. Menu dan bumbu

Ketika sampai di meja resto, lihatlah bagaimana barang-barang dibersihkan dan dirawat. “Bumbu yang tutupnya hilang, tutupnya berkerak, atau tidak diisi ulang, hingga menu yang lengket atau ada bercak, bisa menjadi tanda ada yang tidak dibersihkan secara rutin,” ujar koki profesional yang beralih menjadi pendidik kuliner, Chris Meckes.

3. Kursi

Waspadai remah-remah dan pembersihan yang ceroboh. Periksa hingga ke celah kursi, jika ada remah-remah makanan sisa, artinya itu tidak dibersihkan dengan benar. Remah-remah dan sisa-sisa makanan bisa memikat semua jenis kuman.

4. Meja tidak dibersihkan dengan cepat

“Pembersihan yang lambat dapat menunjukkan kurangnya perawatan,” kata pemilik Freddy J's Bar & Kitchen, Grant Kneble. Aspek penting untuk dipertimbangkan adalah seberapa cepat pelayan menangani meja untuk dibersihkan. Meja kotor atau piring yang tertinggal di atas meja dalam waktu lama, dapat menandakan layanan yang buruk.

5. Lemak dalam penggorengan

Memasak pasti membuat kondisi dapur berantakan, tetapi dapur harus dibersihkan dan saringan minyak harus dikosongkan secara teratur. "Jika saringan minyak terlihat kotor, itu tandanya peralatan tersebut belum dibersihkan dengan benar," kata Meckes.

6. Waspadai prasmanan

Meskipun prasmanan mungkin tampak bagus, Anda bisa melihat suhu makanan yang tidak aman dan kontaminasi silang. "Kemungkinan makanan telah didiamkan terlalu lama dan akan sulit dihangatkan kembali dengan baik. Hindari prasmanan jika sedang hamil atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu," kata koki Ron Stewart.

7. Dengarkan insting

Terakhir, saran yang berhasil di hampir semua situasi adalah jika terasa tidak benar, mungkin memang tidak benar bagi kita. "Gunakan indra, penglihatan, dan penciuman, jika sesuatu tidak terlihat atau tidak tercium? Maka jangan teruskan," kata Stewart.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement