Jumat 27 Jan 2023 16:26 WIB

Yura Yunita Isi OST Film JJJLP, Lagunya Punya Pesan Mendalam

Yura Yunita menyisipkan harapan dan doa di dala lagu berjudul 'Jalan Pulang' ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Yura Yunita mengisi OST film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Lagu berjudul
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Penyanyi Yura Yunita mengisi OST film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Lagu berjudul "Jalan Pulang" ini memiliki pesan yang mendalam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi, musisi, dan pencipta lagu Yura Yunita menjadi pengisi lagu tema untuk film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Di lagu berjudul "Jalan Pulang" ini, Yura menyisipkan harapan dan doa.

Seperti judulnya, karya itu berpesan untuk kembali mengetahui arah "jalan pulang" atau tujuan akhir sebagai manusia. "Mudah-mudahan lagu ini bisa mengiringi perjalanan pulang siapa pun, untuk semua teman-teman yang sudah memikul beban berat di pundaknya saat mengejar mimpinya, mengejar ekspektasinya. Pada akhirnya kita akan pulang dengan jalan dan cara masing-masing," kata Yura lewat pernyataan resminya yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga

Bersama sang suami, Donne Maula, Yura merakit "Jalan Pulang" didasari pemikiran dan mengolah rasa terdalam tentang makna pulang. Mereka mengibaratkan langkah besar yang sudah dijalani selama hidup sebenarnya hanyalah rangkaian langkah dari kaki-kaki kecil seorang manusia yang ada di Bumi yang luas. 

Yura mengungkapkan, proses penciptaan lagu amat personal. Dia memaknai "Jalan Pulang" sebagai perjalanan pulang ke Maha Pencipta. Proses pembuatan lagunya cukup cepat dan untaian kata yang dia tuangkan jadi lirik lagu terngiang-ngiang selama Yura melakukan ibadah umrah.

 

"Aku ditemani suami dan orang tuaku, jadi rasanya proses pembuatan lagu ini betul-betul hangat," kata Yura.

Karya musik tersebut tercipta di momen yang berdekatan dengan datangnya kesempatan dari Angga Dwimas Sasongko untuk menciptakan lagu tema orisinal karya film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP). Sinema yang akan dirilis pada 2 Februari 2023 dan diangkat dari novel karya Marchella FP ini turut andil dalam penulisan lirik lagu.

Produser film JJJLP, Tersi Eva Ranti, menyampaikan alasannya memilih Yura menggubah lagu tema film. Menurut Tersi, Yura adalah penyanyi berkualitas dan kerap membuat karya lagu dengan makna mendalam. "Selain itu, Yura bisa mewakili suara perempuan, sesuai dengan cerita film ini dan lagunya menginterpretasikan konsep kembali ke diri sendiri," kata Tersi.

Lagu "Jalan Pulang" sudah bisa didengarkan untuk menemani perjalanan pulang para penikmat musik Indonesia melalui beragam layanan musik streaming. Lagu "Dunia Tipu-Tipu" dari album ketiga Yura, Tutur Batin, juga melengkapi adegan di film JJJLP

Rangkaian video untuk memvisualisasikan lagu juga tengah dipersiapkan, dimulai dengan video lirik yang sudah dirilis bersamaan dengan lagunya. Kumpulan rekaman memori tentang ragam makna pulang pun telah Yura kumpulkan dan siap untuk dirangkai menjadi video yang menggugah hati untuk dirilis Februari 2023.

Setelah itu, pada Maret 2023 akan hadir video musik lain yang akan menghanyutkan penikmat musik menghikmati makna terdalam tentang rumah sebagai tujuan akhir yang dicari manusia. Sebuah rangkaian video yang layak untuk dinantikan ini hadir di kanal Youtube Yura Yunita. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement