Rabu 25 Jan 2023 20:15 WIB

Disney Pimpin Nominasi Oscar Terbanyak Dibandingkan Studio Lain

Dua film The Walt Disney Company menjadi nomine Piala Oscar kategori Film Terbaik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Piala Oscar. The Walt Disney Company memiliki nominasi Piala Oscar terbanyak dibandingkan studio lain. (ilustrasi)
Foto: Libreshot
Piala Oscar. The Walt Disney Company memiliki nominasi Piala Oscar terbanyak dibandingkan studio lain. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — The Walt Disney Company mendapat 22 nominasi dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk penyelenggaraan Academy Awards ke-95 yang akan berlangsung pada Ahad (12/3/2023). Ini berarti The Walt Disney Company memiliki nominasi Piala Oscar terbanyak dibandingkan studio lain.

Fakta ini menunjukkan seberapa jauh jangkauan petinggi media The Walt Disney Company saat ini, dengan jumlah anak perusahaan produksi yang dimilikinya. Studio film Disney memimpin dengan dua nominasi Film Terbaik.

Baca Juga

Nominasi pertama adalah untuk film Avatar: The Way of Water dan The Banshees of Inisherin. Masing-masing sutradara film tersebut yakni James Cameron dan Martin Mc Donagh juga mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik.

 

 

Baik Avatar: The Way of Water maupun The Banshees of Iniherin menerima sejumlah nominasi lainnya dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Avatar: The Way of Water memiliki empat nominasi termasuk Desain Produksi Terbaik (Dylan Cole, Ben Procter, dan Vanessa Cole), Tata Suara Terbaik (Julian Howarth, Gwendolyn Yates Whittle, Dick Bernstein, Christopher Boyes, Gary Summers, dan Michael Hedges), dan Efek Visual Terbaik (Joe Letteri, Richard Baneham, Eric Saindon, dan Daniel Barrett).

Sementara itu, The Banshees of Inisherin mendapatkan total sembilan nominasi, termasuk Aktor Terbaik (Colin Farrell), Aktor Pendukung Terbaik (Brendan Gleeson dan Barry Keoghan), Aktris Pendukung Terbaik (Kerry Condon), Skenario Asli Terbaik (Martin McDonagh), Film Terbaik Pengeditan (Mikkel EG Nielsen), dan Skor Asli Terbaik (Carter Burwell).

Melengkapi nominasi lain untuk The Walt Disney Company adalah film Pixar Turning Red dinominasikan untuk Film Fitur Animasi Terbaik (Domee Shi dan Lindsey Collins), Film Dokumenter National Geographic Fire of Love yang mendapatkan nominasi untuk Film Fitur Dokumenter Terbaik (Sara Dosa, Shane Boris, dan Ina Fichman), dan Le Pupille dari Disney Branded Television untuk Best Live Action Short (Alice Rohrwacher dan Alfonso Cuarón). Film Black Panther: Wakanda Forever meraih total lima nominasi, termasuk nominasi akting Academy Awards pertama Angela Bassett untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Juga dinominasikan untuk sekuel Black Panther adalah Ruth E Carter untuk Rancangan Kostum Terbaik; lagu "Lift Me Up" (Tems, Ludwig Göransson, Rihanna, dan Ryan Coogler) untuk Lagu Asli Terbaik; Camille Friend dan Joel Harlow untuk Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik; serta Geoffrey Baumann, Craig Hammack, R Christopher White, dan Dan Sudick untuk Efek Visual Terbaik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement