Selasa 24 Jan 2023 16:35 WIB

Gula Darah Bisa Turun Alami dengan Perubahan Gaya Hidup Sederhana Ini

Perubahan gaya hidup sederhana bisa menurunkan kadar gula darah ke kisaran normal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Cara menurunkan kadar gula darah secara alami. (Ilustrasi)
Cara menurunkan kadar gula darah secara alami. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang disarankan oleh dokter tidak mudah. Namun dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan aktivitas fisik sehari-hari, gula darah tinggi dapat dikontrol dan dipertahankan dalam kisaran normal.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan gula darah secara alami seperti dilansir laman Zee News, beberapa waktu lalu:

Baca Juga

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan sehat. Olahraga juga memfasilitasi pemanfaatan gula darah oleh otot untuk energi dan kontraksi.

 

2. Pelajari tentang karbohidrat dan kelola asupan

Kadar gula darah sangat dipengaruhi oleh jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi gula, terutama glukosa.

Insulin kemudian membantu tubuh dalam menggunakan dan menyimpannya untuk energi. Sangat penting untuk memahami bahwa diet rendah karbohidrat dan tanpa karbohidrat tidaklah sama.

Saat sedang memantau kadar gula darah, Anda masih bisa makan karbohidrat. Namun, Anda dapat memilih biji-bijian utuh sebagai pengganti biji-bijian olahan dan karbohidrat olahan menawarkan nilai gizi yang lebih baik sekaligus menurunkan kadar gula darah.

3. Mengonsumsi makanan kaya serat

Serat mendukung peningkatan kadar gula darah yang lebih stabil dengan menunda pemecahan karbohidrat dan penyerapan gula. Serat larut telah terbukti secara khusus untuk meningkatkan regulasi gula darah. Diet kaya serat dapat meningkatkan kapasitas tubuh Anda untuk mengontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah.

4. Perhatikan ukuran porsi

Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat dengan melatih kontrol porsi dan mengontrol konsumsi kalori. Beberapa hal ini dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah yakni menghindari restoran all you can eat, mengukur dan menimbang jumlah porsi, menggunakan piring yang lebih kecil, membaca label makanan untuk memeriksa ukuran porsi, membuat jual makanan, dan makan dengan hati-hati.

5. Minum banyak air dan jaga agar tubuh tetap terhidrasi

Anda mungkin dapat mempertahankan kadar gula darah yang sehat dengan minum air yang cukup. Itu tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi tetapi juga membantu membuang gula tambahan dari ginjal Anda melalui urine. Konsumsi air secara teratur dapat merehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan kemungkinan terkena diabetes.

6. Kelola tingkat stres

Tubuh melepaskan hormon glukagon dan kortisol sebagai respons terhadap stres yang meningkatkan kadar gula darah. Mengelola tingkat stres melalui olahraga atau metode relaksasi seperti yoga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

7. Dapatkan tidur yang berkualitas

Gaya hidup sehat bergantung pada tidur yang cukup. Di sisi lain, kurang tidur dapat mengganggu hormon metabolisme penting yang menyebabkan iritabilitas insulin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement