Sabtu 21 Jan 2023 02:00 WIB

Kalau Pasangan Bikin Anda Merasa Seperti Ngomong Sama Tembok, Ini yang Harus Dilakukan

Stonewalling bisa sangat berbahaya bagi suatu hubungan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suami-istri bertengkar (Ilustrasi). Ketika mencoba menyelesaikan konflik, terkadang istri membuat suami merasa seperti berbicara dengan tembok. Sebaliknya juga bisa terjadi dengan istri.
Foto:

Perhatikan perilaku sendiri

Sangat penting untuk berhati-hati karena orang mudah untuk meniru perilaku diam pasangan, seperti membalasnya dengan diam. Beri tahu pasangan bahwa Anda ingin melanjutkan percakapan saat Anda berdua bisa berkumpul untuk berkomunikasi dengan cara yang tenang dan suportif.

Temui konselor pasangan

Jika stonewalling telah menjadi konstan dalam hubungan dan tampaknya tidak membaik, Anda mungkin ingin mencari bantuan profesional.

Latih perawatan diri

Menjadi korban stonewalling dapat merugikan Anda. Ini bisa sangat melelahkan, jadi sangat penting untuk menjaga diri sendiri selama proses ini.

Martinez mengatakan perilaku menenangkan diri bisa sesederhana meluangkan waktu dan ruang untuk menenangkan diri atau mandi air panas untuk bersantai. Beberapa ide perawatan diri umum lainnya ialah bermeditasi, pergi jalan-jalan atau lari, menghabiskan waktu di alam, dan menulis jurnal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement