Selasa 17 Jan 2023 23:11 WIB

Berenang Termasuk Latihan Aerobik, Sebanyak Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Berenang melibatkan penggunaan kelompok otot besar, baik untuk berbagai area tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah peserta berlatih berenang pada kegiatan Gerakan Prolanis Total (Gelato) di Gelanggang Remaja KONI, Gambir, Jakarta, Kamis (11/8/2022). Berenang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah peserta berlatih berenang pada kegiatan Gerakan Prolanis Total (Gelato) di Gelanggang Remaja KONI, Gambir, Jakarta, Kamis (11/8/2022). Berenang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menyegarkan dan menyenangkan, aktivitas berenang juga efektif meningkatkan kondisi kesehatan. Menurut Deborah Lee, dokter dari apotek daring Dr Fox, berenang merupakan bentuk latihan aerobik yang berdampak baik terhadap berbagai area tubuh.

"Latihan aerobik melibatkan penggunaan kelompok otot besar. Berpartisipasi dalam latihan aerobik secara teratur telah terbukti melindungi terhadap perkembangan penyakit jantung, diabetes, dan kanker," ujar Lee, dikutip dari laman Patient.info, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga

Lee menjelaskan, berenang adalah cara yang baik untuk memperkuat otot inti pada tubuh, antara lain otot dada, punggung, perut, dan panggul. Oleh karena itu, berenang sangat baik bagi pengidap sakit punggung, masalah cakram, dan radang sendi.

Berenang juga bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi neurodegeneratif, seperti pengidap multiple sclerosis atau mengalami cedera tulang belakang. Olahraga itu direkomendasikan pula bagi ibu hamil, orang yang mengalami kondisi kesehatan mental tertentu, dan pengidap alzheimer.

Manfaat berenang bisa dirasakan hampir semua orang dari usia berapa pun, asalkan dilakukan dengan cara aman. Olahraga pun cocok bagi orang yang beranjak tua atau butuh menerapkan gaya hidup tertentu. Berikut berbagai manfaat umum dari berenang:

- Membantu membentuk otot

Berenang melibatkan dorongan melawan ketahanan air dan melatih seluruh tubuh yang membantu kekuatan otot serta membentuk otot. Bersamaan dengan itu, berenang melatih jantung dan paru-paru sehingga penyerapan oksigen pun menjadi maksimal.

- Membantu menurunkan berat badan

Berenang secara teratur dapat menurunkan kadar lemak tubuh. Lee menjelaskan bahwa berenang menghabiskan lebih banyak kalori daripada beragam olahraga berbasis darat, seperti berlari. Jumlah kalori yang dibakar bergantung pada berat badan, tetapi tentunya itu mengarah pada pengendalian bobot tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement