Selasa 17 Jan 2023 20:57 WIB

Dianggap Bahayakan Kesehatan, Betulkah Kompor Gas Bakal Dilarang di Amerika?

Kompor gas melepaskan gas nitrogen dioksida yang berbahaya bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Memasak dengan kompor gas (Ilustrasi). Polutan utama yang menjadi perhatian terkait kompor gas adalah nitrogen dioksida.
Foto:

Bryan Cummings, ilmuwan peneliti di Fakultas Teknik Drexel University, menunjukkan sebuah studi baru-baru yang menemukan bahwa 12,7 persen kasus asma anak-anak di AS dapat dikaitkan dengan penggunaan kompor gas di dalam ruangan. Tapi polutan dari kompor gas tidak hanya berdampak pada anak-anak.

Nitrogen dioksida dapat memperburuk penyakit paru obstruktif kronik (COPD) pada orang dewasa. Beberapa bukti lain mengatakan bahwa itu juga dapat berdampak negatif terhadap kinerja kognitif pada orang-orang dari segala usia.

Sebagai oksidan, nitrogen dioksida dapat memengaruhi paru-paru dan sistem kardiovaskular. Bahkan, menurut American Heart Association, paparan nitrogen dioksida meningkatkan risiko serangan jantung.

Perlu dicatat bahwa paparan nitrogen dioksida tidak hanya berasal dari kompor gas, tetapi juga berasal dari faktor-faktor seperti polusi mobil. Namun, menurut Cummings, pelepasan nitrogen dioksida di rumah sangat berbahaya karena dipancarkan ke ruang tertutup yang sering kali tidak memiliki sirkulasi udara luar yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement