Selasa 17 Jan 2023 15:18 WIB

'Pachinko' Dinobatkan Sebagai Serial Bahasa Asing Terbaik di Critics Choice Awards

Selama dua tahun berturut-turut serial bahasa Korea merebut trofi

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Lee Min-ho berpose di karpet merah peluncuran serial orisinal Apple TV, Pachinko, di Academy Museum of Motion Pictures di Los Angeles, California, AS, 16 Maret 2022.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Lee Min-ho berpose di karpet merah peluncuran serial orisinal Apple TV, Pachinko, di Academy Museum of Motion Pictures di Los Angeles, California, AS, 16 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Drama berbahasa Korea Apple TV+ "Pachinko" telah memenangkan kategori serial berbahasa asing terbaik di Critics Choice Awards pada tahun ini. "Pachinko" memenangkan trofi di kategori TV mengalahkan delapan kontestan lainnya di acara Critics Choice Association di Los Angeles.

Drama hukum Korea tentang seorang pengacara autis, "Extraordinary Attorney Woo" ditayangkan di saluran kabel Korea ENA dan streaming di Netflix menerima nominasi dalam kategori yang sama, tetapi gagal memenangkan penghargaan. Tujuh kontestan lainnya adalah Netflix "1899", "Borgen" dan "Kleo", "Garcia!" dari HBO Max, "The Kingdom Exodus" MUBI; “My Brilliant Friend" dari HBO; dan "Tehran" dari Apple TV+.

Dilansir Yonhap News pada Selasa (17/1/2023), penghargaan ini menandai tahun kedua berturut-turut sebuah serial yang sebagian besar berbahasa Korea telah merebut trofi untuk kategori serial berbahasa asing terbaik. Pada tahun lalu, sensasi Netflix "Squid Game" menjadi acara Korea pertama yang menerima hadiah yang diberikan oleh sekitar 600 kritikus film dan siaran TV di Amerika Utara.

Film sindiran keluarga karya sutradara Korea Selatan Bong Joon-ho Parasite dan Minari karya sutradara Korea-Amerika Lee Isaac Chung yang masing-masing memenangkan film berbahasa asing terbaik pada 2020 dan 2021. “Pachinko" adalah judul terkait Korea keempat yang mengklaim penghargaan di acara tahunan itu.

 

Minari adalah kisah imigran Korea yang jarang ditampilkan di Hollywood. Berdasarkan novel laris pada 2017 karya penulis Korea-Amerika Lee Min-jin, "Pachinko" adalah epik multibahasa yang luas membahas empat generasi keluarga Korea selama pendudukan Jepang di Korea dan rasisme setelahnya.

Serial delapan episode ini mengikuti kisah tentang seorang gadis asli Korea bernama Sunja dan generasi keluarganya. Film berlangsung di berbagai lokasi, termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat. Drama ini dinilai tinggi karena penggambaran persuasif tentang rasa sakit negara yang telah diserang oleh negara lain dan realitas komunitas imigran di luar sejarah Korea.

Dibintangi oleh aktris rookie Kim Min-ha sebagai Sunja muda, aktris peraih Oscar Youn Yuh-jung sebagai Sunja yang lebih tua, dan kekasih Korea Lee Min-ho sebagai bunga cinta Sunja, Hansu. Kim Min-ha menghadiri upacara penghargaan dengan gaun emas, bersama dengan Park Eun-bin dan Yoo In-sik, masing-masing aktor utama dan sutradara "Extraordinary Attorney Woo".

Nominasi Korea Selatan lainnya yang meninggalkan upacara dengan tangan kosong adalah film thriller romantis sutradara Park Chan-wook Decision to Leave. Film itu dinominasikan untuk film asing terbaik, tetapi penghargaan diberikan kepada RRR, sebuah aksi epik India tentang dua revolusioner yang berperang melawan pemerintahan Inggris di India. Film ini ditulis dan disutradarai oleh S. S. Rajamouli.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement