Jumat 13 Jan 2023 04:10 WIB

Jalan Kaki Walaupun Cuma 10 Menit, Sebesar Ini Dampaknya pada Tubuh

Kalau tak punya banyak waktu, cobalah berjalan kaki 10 menit sehari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Melakukan aktivitas fisik dengan durasi yang pendek jauh lebih baik dibandingkan tak melakukannya sama sekali. Bahkan hanya dengan berjalan kaki 10 menit per hari, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.
Foto:

Mendorong percaya diri

Berjalan kaki, menurut Prof Shapiro, juga dapat membangun kepercayaan diri seseorang terhadap kemampuan aktivitas fisiknya. Seiring waktu, kepercayaan diri ini dapat mendorong orang untuk melakukan aktivitas berjalan kaki dengan durasi yang lebih panjang.

Membangun ketahanan

Orang-orang yang konsisten berjalan kaki selama 10 menit lambat laun akan merasa bahwa tubuhnya menjadi lebih tahan banting. Bila di awal mereka merasa mudah lelah saat berjalan kaki 10 menit, di kemudian hari mereka bisa berjalan kaki selama 10 menit dengan mudah dan tak merasa lelah.

Konsentrasi lebih baik

Aktivitas berjalan kaki dapat mempertajam kemampuan berkonsentrasi. Konsentrasi yang lebih terasah bisa mengoptimalkan produktivitas saat bekerja atau bersekolah. Aliran darah yang lebih lancar ke otak akibat berjalan kaki juga memungkinkan orang-orang untuk berpikir, memberikan atensi, hingga menggunakan logika dengan lebih baik.

Suasana hati membaik

Menurut peneliti dari Departemen Ilmu Psikologi dan Otak di Washington University, Marta Stojanovic, jalan kaki merupakan mood booster. Orang-orang yang sedang menghadapi situasi penuh tekanan bisa merasa lebih baik setelah berjalan kaki, meski hanya 10 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement